dc.description.abstract |
Penelitian dilatarbelakangi kemampuan literasi anak yang masih rendah. Hal
itu terlihat anak-anak tidak mau saat diminta menceritakan kembali apa saja yang
didengarnya. Untuk meningkatkan kemampuan literasi anak dilakukan penelitian
dengan berdongeng di Kelompok B RA ICMA Pernantian Kecamatan
Silangkitang Kabupaten Labuhanbatu Selatan.
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan literasi dengan
berdongeng di RA ICMA Pernantian Kecamatan Silangkitang Kabupaten
Labuahanbatu Selatan.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas, subyek penelitian ini
adalah anak didik kelompok B di RA ICMA Pernantian Tahun Pembelajaran
2018/2019. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti, guru dan kepala
sekolah. Prosedur penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan
kualitatif dan kuantitatif, untuk mendapatkan data dan analisis melalui observasi,
tanya jawab, hasil karya dan dokumentasi. Pelaksanaan penelitian dilakukan
melalui dua siklus yang dirancang secara sistematis dengan beberapa tahapan
yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.
Hasil penelitian perkembangan kemampuan literasi anak prapenelitian 35,5%,
siklus I : 62,22%, dan siklus II : 93.33%.
Dengan demikian kemampuan literasi anak meningkat dengan berdongeng di
Kelompok B RA ICMA Pernantian Kecamatan Silangkitang Kab Labuhanbatu
Selatan |
en_US |