Research Repository

Upaya Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Metode Inquiry Pada Anak Kelompok B Di RA Ummul Khair

Show simple item record

dc.contributor.author Nurhayati
dc.date.accessioned 2020-11-13T01:14:59Z
dc.date.available 2020-11-13T01:14:59Z
dc.date.issued 2018-03-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10940
dc.description.abstract Tujuan dilakukannya penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak melalui metode Inquiry pada anak kelompok B di RA Ummul Khair. Metode Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam tiga siklus dengan tahapantahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Alat pengumpulan data penelitian berupa lembar observasi guru dan anak. Subjek penelitian adalah anak kelompok B di RA RA Ummul Khair yang berjumlah 18 orang anak dengan 7 anak laki-laki dan 11 anak perempuan. Berdasarkan hasil tindakan yang dilakukan maka perkembangan kognitif anak kelompok B di RA Ummul Khair Tanjung Morawa dapat ditingkatkan melalui metode pembelajaran inquiry. Hal tersebut dapat dilihat dari peningkatan yang dialami dalam penelitian yang dilakukan peneliti dari prasiklus, siklus I, siklus II dan siklus III. Sebelum tindakan diperoleh prosentase perkembangan kognitif anak dengan prosentase 22,23 %, mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 50,00%, peningkatan kembali terjadi pada siklus II sebesar 63,89 %. Pada pelaksanaan siklus III peneliti memperbaiki proses belajar mengajarnya supaya lebih baik dengan pengalaman pada siklus-siklus sebelumnya. Setelah pelaksanaan siklus III perkembangan kognitif anak meningkat sebesar 88,89 % dengan kriteria Baik Sekali dan telah mampu mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan sebelumnya. en_US
dc.subject Kemampuan en_US
dc.subject Kognitif en_US
dc.subject Metode Inquiry en_US
dc.title Upaya Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Metode Inquiry Pada Anak Kelompok B Di RA Ummul Khair en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account