dc.description.abstract |
Tujuan dilakukannya penelitian tindakan kelas ini adalah untuk
meningkatkan kemampuan kognitif anak melalui metode Inquiry pada anak
kelompok B di RA Ummul Khair. Metode Penelitian yang digunakan adalah
Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam tiga siklus dengan tahapantahapan
yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Alat
pengumpulan data penelitian berupa lembar observasi guru dan anak. Subjek
penelitian adalah anak kelompok B di RA RA Ummul Khair yang berjumlah 18
orang anak dengan 7 anak laki-laki dan 11 anak perempuan. Berdasarkan hasil
tindakan yang dilakukan maka perkembangan kognitif anak kelompok B di RA
Ummul Khair Tanjung Morawa dapat ditingkatkan melalui metode pembelajaran
inquiry. Hal tersebut dapat dilihat dari peningkatan yang dialami dalam penelitian
yang dilakukan peneliti dari prasiklus, siklus I, siklus II dan siklus III. Sebelum
tindakan diperoleh prosentase perkembangan kognitif anak dengan prosentase
22,23 %, mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 50,00%, peningkatan
kembali terjadi pada siklus II sebesar 63,89 %. Pada pelaksanaan siklus III
peneliti memperbaiki proses belajar mengajarnya supaya lebih baik dengan
pengalaman pada siklus-siklus sebelumnya. Setelah pelaksanaan siklus III
perkembangan kognitif anak meningkat sebesar 88,89 % dengan kriteria Baik
Sekali dan telah mampu mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan
sebelumnya. |
en_US |