dc.description.abstract |
Tujuan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan adalah untuk meningkatkan keaktifan
anak di RA Al-Ikhlas. Subjek penelitian adalah anak kelompok B yang berjumlah 15
anak. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas melalui tiga siklus dengan alat
instrumen penilaian lembar observasi anak. Berdasarkan hasil tindakan diketahui bahwa
keaktifan anak kelompok B di RA Al-Ikhlas Labuhan Batu dapat ditingkatkan melalui
kegiatan koreksi berpasangan yang dilakukan dengan prosedur dan mekanisme yang
tepat. Tingkat keaktifan anak kelompok B di RA Al-Ikhlas Labuhan Batu sebelum
tindakan atau prasiklus hanya mencapai angka 25,00 % dengan kriteria kurang. Keaktifan
anak kelompok B di RA Al-Ikhlas Labuhan Batu meningkat setelah mengikuti kegiatan
tindakan siklus I dengan tingkat capaian sebesar 51,66 % dengan kriteria cukup.
Keaktifan anak kelompok B di RA Al-Ikhlas Labuhan Batu kembali meningkat setelah
mengikuti kegiatan tindakan siklus II dengan tingkat capaian sebesar 76,67 % dengan
kriteria baik. Keaktifan anak kelompok B di RA Al-Ikhlas Labuhan Batu semakin
meningkat setelah mengikuti kegiatan tindakan siklus III dengan tingkat capaian sebesar
86,67 % dengan kriteria baik sekali. Atas dasar hal tersebut, kepada guru di RA Al-Ikhlas
Labuhan Batu, hendaklah meningkatkan kompetensi atau kemampuan dalam memberikan
pengajaran kepada anak agar tujuan pembelajaran yang diharapkan dapat dicapai dengan
optimal. |
en_US |