dc.description.abstract |
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah dengan penerapan
pendekatan komunikatif dapat meningkatkan keaktifan anak dalam belajar di RA
Fatimah Az-Zahra Medan. Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk
meningkatkan keaktifan anak dalam belajar dengan penerapan pendekatan
komunikatif di RA Fatimah Az-Zahra Medan. Jenis penelitian ini adalah
penelitian tindakan kelas dengan 15 subjek penelitian dan menggunakan teknik
pengumpulan data menggunakan teknik observasi, dan analisis datanya
menggunakan teknik kualitatif dan kuantitatif. Hasil pengamatan peneliti sebagai
guru di RA Fatimah Az-Zahra Medan khususnya pada kelompok B, peneliti
mendapati ada anak yang tidak aktif mengikuti pembelajaran. Anak cendrung
bermain, mengganggu teman pada saat belajar, tidak memperhatikan guru saat
guru menjelaskan dan tidak mengerjakan tugas pada saat pembelajaran diberikan
pada anak. Pengalaman tersebut membuat peneliti merasa perlu mengadakan
perbaikan pembelajaran sehingga anak dapat mengikuti pembelajaran dengan
aktif. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa keaktifan anak dalam
belajar melalui pendekatan komunikatif di RA Fatimah Az-Zahra dapat
ditingkatkan. Peningkatan dapat dilihat dari adanya peningkatan persentase pada
tahap pra siklus dan setelah dilakukan tindakan kelas. Berdasarkan ketentuan
keberhasilan minimal anak adalah BSH maka dapat dirata-ratakan peningkatan
keberhasilan pada anak yaitu pada pra siklus 15,1%, selanjutnya siklus I rataratanya
adalah 26,7%, pada siklus dua terjadi peningkkatan dengan rata-rata,
55,1%, selanjutnya pada siklus tiga rata-rata yang diperoleh anak adalah 80%.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat dinyatakan bahwa melalui penerapan
pendekatan komunikatif dapat meningkatkan keaktifan anak dalam belajar di RA
Fatimah Az-Zahra Medan. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa hipotesis pada
penelitian ini dapat diterima. |
en_US |