Research Repository

Penerapan Pendekatan Komunikatif Untuk Meningkatkan Keaktifan Anak Dalam Belajar di RA Fatimah Az-Zahra Medan

Show simple item record

dc.contributor.author Hariani, Lina
dc.date.accessioned 2020-11-12T08:25:56Z
dc.date.available 2020-11-12T08:25:56Z
dc.date.issued 2018-03-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10904
dc.description.abstract Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah dengan penerapan pendekatan komunikatif dapat meningkatkan keaktifan anak dalam belajar di RA Fatimah Az-Zahra Medan. Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk meningkatkan keaktifan anak dalam belajar dengan penerapan pendekatan komunikatif di RA Fatimah Az-Zahra Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan 15 subjek penelitian dan menggunakan teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, dan analisis datanya menggunakan teknik kualitatif dan kuantitatif. Hasil pengamatan peneliti sebagai guru di RA Fatimah Az-Zahra Medan khususnya pada kelompok B, peneliti mendapati ada anak yang tidak aktif mengikuti pembelajaran. Anak cendrung bermain, mengganggu teman pada saat belajar, tidak memperhatikan guru saat guru menjelaskan dan tidak mengerjakan tugas pada saat pembelajaran diberikan pada anak. Pengalaman tersebut membuat peneliti merasa perlu mengadakan perbaikan pembelajaran sehingga anak dapat mengikuti pembelajaran dengan aktif. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa keaktifan anak dalam belajar melalui pendekatan komunikatif di RA Fatimah Az-Zahra dapat ditingkatkan. Peningkatan dapat dilihat dari adanya peningkatan persentase pada tahap pra siklus dan setelah dilakukan tindakan kelas. Berdasarkan ketentuan keberhasilan minimal anak adalah BSH maka dapat dirata-ratakan peningkatan keberhasilan pada anak yaitu pada pra siklus 15,1%, selanjutnya siklus I rataratanya adalah 26,7%, pada siklus dua terjadi peningkkatan dengan rata-rata, 55,1%, selanjutnya pada siklus tiga rata-rata yang diperoleh anak adalah 80%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat dinyatakan bahwa melalui penerapan pendekatan komunikatif dapat meningkatkan keaktifan anak dalam belajar di RA Fatimah Az-Zahra Medan. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa hipotesis pada penelitian ini dapat diterima. en_US
dc.subject Komunikatif en_US
dc.subject Keaktifan en_US
dc.subject Belajar en_US
dc.title Penerapan Pendekatan Komunikatif Untuk Meningkatkan Keaktifan Anak Dalam Belajar di RA Fatimah Az-Zahra Medan en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account