dc.description.abstract |
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan kemampuan
mengenal budaya pada anak RA Al-Islam, kegiatan bermain kreatif yang diterapkan pada
anak RA Al-Islam, dan peningkatan kemampuan anak mengenal budaya melalui kegiatan
bermain kreatif pada anak RA Al-Islam. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif
melalui pendekatan PTK yang dilaksanakan dalam dua siklus yang dirancang secara
sistematis dengan beberapa tahapan yaitu perencaanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan
refleksi. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B di RA Al-Islam yang berjumlah
sebanyak 17 anak. Untuk mendapatkan data penelitian maka digunakan teknik observasi,
dokumentasi dan tanya jawab. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa kemampuan
mengenal budaya pada anak RA Al-Islam sebelum dilakukan tindakan masih sangat
rendah sebab anak masih belum mampu menyebutkan nama permainan budaya atau
tradisional, anak juga belum mampu membedakan antara permainan budaya dengan
permainan modern, bahkan anak cenderung lebih paham dengan permainan modern
disbanding dengan permainan budaya. Kegiatan bermain kreatif yang diterapkan pada
anak RA Al-Islam dikhususkan pada kegiatan bermain permaian engklek dan ular naga
karena dua permainan budaya ini melibatkan semua anak yang dibagi dalam kelompok.
Disamping itu, kedua permainan ini merupakan permaian budaya yang mudah diajarkan
pada anak sehingga anak paham karena dapat dimainkan dimana saja. Terjadi
peningkatan kemampuan anak dalam mengenal budaya melalui kegiatan bermain kreatif
pada anak RA Al-Islam. Hal ini dibuktikan dengan kemampuan anak secara klasikal yang
meningkat pada tiap siklusnya dimana pada kondisi sebelum dilakukan tindakan atau
prasiklus kemampuan anak mengenal budaya hanya sebesar 27,45 % dengan kriteria
“kurang”. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I maka kemampuan mengenal budaya
pada anak meningkat menjadi 62,74 % dengan kriteria “baik”, dan pada tindakan siklus II
meningkat lebih baik sebesar 84,31 % dengan kriteria “baik sekali |
en_US |