dc.description.abstract |
Penelitian Tindakan Kelas ini dilatar belakangi oleh rendahnya motorik halus anak
kelompok B TK Sinar Mutiara Helvetia Medan. Hal ini mungkin dikarenakan media,
metode dan strategi yang digunakan guru belum efektif dan kurang memotivasi minat
belajar anak.
Berdasarkan masalah di atas, diharapkan melalui kegiatan finger painting dapat
meningkatkan motorik halus anak. Penelitianinibersubjek 15 anak dengan rincian 9
anak laki-laki dan 6 anak perempuan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan
menggunakan observasi dan dokumentasi hasil karya. Alat yang digunakan adalah
lembar instrumen penilaian, dan observasi. Teknik analisis data dilakukan secara
deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilakukan melalui 3 Siklus dengan beberapa
tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa motorik halus anak kelompok B pada pra
tindakan sebanyak 13.3 %, pada siklus 1 meningkat menjadi 28.3 %, pada siklus 2
meningkat menjadi 48.3 % dan pada siklus 3 meningkat menjadi 81.7 %. Perolehan
persentase pada siklus 3 membuktikan bahwa penelitian ini telah mencapai indikator
keberhasilan yaitu motorik halus anak mengalami peningkatan≥75 %.
Dari hasil yang di perosesdapatdisimpulkanbahwa motorik halus anak kelompok B
TKSinar Mutiara Helvetia Medan meningkat dengan baik |
en_US |