dc.description.abstract |
Penelitian yang dilakukan ini adalah penelitian tindakan kelas dengan
melakukan tindakan-tindakan untuk memperbaiki pembelajaran berdasarkan hasil
refleksi. Pada penelitian tindakan kelas ada beberapa tahapan yang seharusnya
dilakukan yaitu perencanaan (Planning), tindakan (Acting), pengamatan
(Observing), dan refleksi (Reflecting). Berdasarkan hasil penelitian dan
pembahasan, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa upaya meningkatkan
imajinasi anak melalui kegiatan kreatif di RA Istiqomah Medan Amplas berhasil
ditingkatkan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat ditarik
kesimpulan bahwa upaya meningkatkan imajinasi anak melalui kegiatan kreatif
pada anak RA Istiqomah Medan Amplas dapat ditingkatkan dan berhasil
dilakukan hingga mencapai rata-rata secara keseluruhan sebesar 86,6% dengan
predikat sangat baik. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari adanya peningkatan
rata-rata dalam bentuk persen dari tahap pra siklus dan setelah dilakukan tindakan
kelas. Peningkatan imajinasi pada anak melalui kegiatan kreatif yaitu 10% dari
pra siklus ke siklus I, selanjutnya dari siklus I ke siklus II terjadi peningkatan
sebesar 28,4%, kemudian dari siklus II ke siklus III terjadi peningkatan sebesar
31,5%. Berdasarkan ketentuan keberhasilan anak adalah BSH dan BSB maka
dapat dirata-ratakan peningkatan keberhasilan pada anak yaitu pada pra siklus
16,7%, selanjutnya siklus I rata-ratanya adalah 26,7%, pada siklus II terjadi
peningkkatan dengan rata-rata, 55,1%, selanjutnya pada siklus III rata-rata yang
diperoleh anak adalah 86,6%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat
dinyatakan bahwa penelitian yang telah dilakukan melalui kegiatan kreatif untuk
meningkatkan imajinasi anak berhasil dilakukan. |
en_US |