dc.contributor.author | Hayati, Tri | |
dc.date.accessioned | 2020-11-12T03:11:07Z | |
dc.date.available | 2020-11-12T03:11:07Z | |
dc.date.issued | 2018-03-20 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10756 | |
dc.description.abstract | Media animasi merupakan suatu teknik menampilkan gambar berurut sedemikian rupa sehingga siswa merasakan adanya ilusi gerakan (motion) pada gambar yang ditampilkan. Media animasi adalah rangkaian gambar yang membentuk sebuah gerakan. Media animasi dapat menunjukkan urutan dari waktu ke waktu seperti sebuah proses. Salah satu keunggulan animasi adalah kemampuannya untuk menjelaskan suatu kejadian secara sistematis dalam tiap waktu perubahan. Hal ini sangat membantu dalam menjelaskan prosedur dan urutan kejadian. Sehingga dapat diartikan media animasi merupakan media yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Menurut Hamdani (2010:253) media animasi mampu menunjukkan suatu proses abstrak sehingga siswa dapat melihat pengaruh perubahan suatu variable terhadap proses tersebut. Media animasi menyediakan suatu tiruan yang apabila dilakukan pada peralatan yang sesungguhnya terlalu mahal atau berbahaya. Prinsip dari animasi adalah mewujudkan ilusi bagi pergerakan dengan memaparkan atau menampilkan satu urutan gambar yang berubah sedikit demi sedikit pada kecepatan yang tinggi atau dapat disimpulkan animasi merupakan objek diam yang diproyeksikan menjadi bergerak sehingga kelihatan hidup. Animasi merupakan salah satu media pembelajaran yang berbasis komputer yang bertujuan untuk memaksimalkan efek visual dan memberikan interaksi berkelanjutan sehingga pemahaman bahan ajar meningkat. Adapun tujuan diterapkannya media Animasi ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan media pembelajaran animasi pada siswa kelas VII E SMP Negeri 24 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018. Kemudian instrument yang digunakan dalam pemnelitian ini adalah Tes dan Observasi. Dari hasil penelitian yang dilakukan di SMP Negeri 24 Medan maka diperoleh data siswa dari siswa-siswa yang mau mengerjakan soal-soal yang diberikan oleh guru. Setelah terlaksana media pembelajaran animasi untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas VII E SMP Negeri 24 Medan, peneliti melihat adanya perubahan untuk meningkatkan minat belajar. Ini berarti penerapan media pembelajaran animasi untuk meningkatkan minat belajar siswa di SMP Negeri 24 Medan berhasil dilakukan. | en_US |
dc.subject | Pembelajaran Animasi Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa | en_US |
dc.title | Penerapan Media Pembelajaran Animasi Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn di SMP Negeri 24 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018 | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |