Research Repository

Pembelajaran Matematika Berbasis Multimedia Interaktif Dengan Model REOG Untuk Meningkatkan Konsep Dan Efikasi Diri Siswa SMK Muhammadiyah 9 Medan T.P 2017/2018

Show simple item record

dc.contributor.author Manullang, Yuyun Gohepti
dc.date.accessioned 2020-11-12T01:44:24Z
dc.date.available 2020-11-12T01:44:24Z
dc.date.issued 2018-03-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10689
dc.description.abstract Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran matematika berbasis multimedia interaktif dapat meningkatkan konsep dan efikasi diri siswa SMK Muhammadiyah kelas X TSM 2. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes dan angket. Tes yang digunakan adalah tes tertulis dalam bentuk tes uraian sebanyak 4 tes yang terdiri dari 10 butir soal untuk tes awal, 10 butir soal untuk tes siklus I. 10 butir soal untuk tes siklus II dan 10 butir soal untuk siklus III Sementara angket dilakukan dengan mengamati aktivitas belajar siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah sisswa kelas X TSM SMK Swasta Muhammadiyah 9 Medan tahun pelajarn 2017/2018 yang berjumlah 41 siswa, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah dengan menerapkan medel pembelajaran REOG untuk menigkatkan konsep dan efikasi diri siswa. Dari hasil penelitian dapat dilihat peningkatan hasil belajar yaitu tingkat ketuntasan belajar dengan menggunakan metode pembelajaran REOG pada tes awal hanya 7 siswa (17%) yang tuntas sedangkan 34 siswa (83%) belum tuntas. Pada siklus I jumlah siswa yang tuntas meningkat menjadi 11 siswa (27%) yang tuntas sedangkan 30 siswa (73%) belum tuntas. Kemudian pada siklus II meningkat lagi menjadi 23 siswa (56%) yang tuntas sedangkan 18 siswa (44%) belum tuntas. Kemudian pada siklus III meningkat lagi menjadi 39 siswa (92%) yang tuntas sedangkan 2 siswa (8%) belum tuntas. Hal tersebut berarti bahwa penelitian ini berhasil, karena telah mencapai keberhasilan penelitian yaitu sebesar 85%. Sedangkan rata- rata tingkat aktivitas siswa pada pra siklus hanya 54,1 dalam kategori kurang, pada siklus I meningkat menjadi 60,2 dalam kategori cukup, kemudian pada siklus II meningkat menjadi 69,1 dalam kategori cukup, kemudian pada siklus III meningkat menjadi 81,7 dalam kategori baik en_US
dc.subject Model pembelajaran REOG en_US
dc.subject Konsep dan efikasi diri en_US
dc.title Pembelajaran Matematika Berbasis Multimedia Interaktif Dengan Model REOG Untuk Meningkatkan Konsep Dan Efikasi Diri Siswa SMK Muhammadiyah 9 Medan T.P 2017/2018 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account