dc.description.abstract |
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan
dalam tiga siklus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran
matematika berbasis multimedia interaktif dapat meningkatkan konsep dan efikasi
diri siswa SMK Muhammadiyah kelas X TSM 2. Instrumen penelitian yang
digunakan adalah tes dan angket. Tes yang digunakan adalah tes tertulis dalam bentuk
tes uraian sebanyak 4 tes yang terdiri dari 10 butir soal untuk tes awal, 10 butir soal
untuk tes siklus I. 10 butir soal untuk tes siklus II dan 10 butir soal untuk siklus III
Sementara angket dilakukan dengan mengamati aktivitas belajar siswa. Subjek dalam
penelitian ini adalah sisswa kelas X TSM SMK Swasta Muhammadiyah 9 Medan
tahun pelajarn 2017/2018 yang berjumlah 41 siswa, sedangkan objek dalam
penelitian ini adalah dengan menerapkan medel pembelajaran REOG untuk
menigkatkan konsep dan efikasi diri siswa. Dari hasil penelitian dapat dilihat
peningkatan hasil belajar yaitu tingkat ketuntasan belajar dengan menggunakan
metode pembelajaran REOG pada tes awal hanya 7 siswa (17%) yang tuntas
sedangkan 34 siswa (83%) belum tuntas. Pada siklus I jumlah siswa yang tuntas
meningkat menjadi 11 siswa (27%) yang tuntas sedangkan 30 siswa (73%) belum
tuntas. Kemudian pada siklus II meningkat lagi menjadi 23 siswa (56%) yang tuntas
sedangkan 18 siswa (44%) belum tuntas. Kemudian pada siklus III meningkat lagi
menjadi 39 siswa (92%) yang tuntas sedangkan 2 siswa (8%) belum tuntas. Hal
tersebut berarti bahwa penelitian ini berhasil, karena telah mencapai keberhasilan
penelitian yaitu sebesar 85%. Sedangkan rata- rata tingkat aktivitas siswa pada pra
siklus hanya 54,1 dalam kategori kurang, pada siklus I meningkat menjadi 60,2 dalam
kategori cukup, kemudian pada siklus II meningkat menjadi 69,1 dalam kategori
cukup, kemudian pada siklus III meningkat menjadi 81,7 dalam kategori baik |
en_US |