dc.description.abstract |
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan
dalam dua siklus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan
menerapkan model pembelajaran Learning Start With A Question (LSQ) dapat
meningkatkan keaktifan dan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP
Muhammadiyah 58 Sukaramai Medan. Instrumen penelitian yang digunakan
adalah tes dan observasi. Tes yang digunakan adalah tes tertulis dalam bentuk tes
uraian sebanyak 3 tes yang terdiri dari 10 butir soal untuk tes awal, 10 butir soal
untuk tes siklus I, 10 butir soal untuk tes siklus II. Sementara observasi dilakukan
dengan mengamati keaktifan belajar siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah
siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 58 Sukaramai Medan Tahun Pelajaran
2017/2018 yang berjumlah 25 siswa, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah
dengan menerapkan model pembelajaran Learning Start With A Question (LSQ)
untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Dari hasil penelitian dapat
dilihat peningkatan hasil belajar yaitu tingkat ketuntasan belajar dengan
menggunakan model pembelajaran Learning Start With A Question (LSQ) pada
tes awal hanya 7 siswa (28%) yang tuntas sedangkan 18 siswa (72%) belum
tuntas. Pada siklus I jumlah siswa yang tuntas meningkat menjadi 15 siswa (60%)
yang tuntas sedangkan 10 siswa (40%) belum tuntas. Kemudian pada siklus II
meningkat lagi menjadi 22 siswa (88%) yang tuntas sedangkan 3 siswa (12%)
belum tuntas. Hal tersebut berarti bahwa penelitian ini berhasil, karena telah
mencapai indikator keberhasilan penelitian yaitu sebesar 75%. Sedangkan ratarata
tingkat
keaktifan
siswa
pada
pra
siklus
hanya
1,8
dalam
kategori
kurang,
pada
siklus
I meningkat menjadi 2,4 dalam kategori cukup, kemudian pada siklus II
meningkat menjadi 3 dalam kategori baik. |
en_US |