Research Repository

Upaya Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Learning Start With A Question (LSQ) pada Siswa SMP Muhammadiyah 58 Sukaramai Medan Tahun Pelajaran 2017/2018

Show simple item record

dc.contributor.author Sarumpaet, Yola Erayana
dc.date.accessioned 2020-11-12T01:29:20Z
dc.date.available 2020-11-12T01:29:20Z
dc.date.issued 2018-03-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10677
dc.description.abstract Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan menerapkan model pembelajaran Learning Start With A Question (LSQ) dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 58 Sukaramai Medan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes dan observasi. Tes yang digunakan adalah tes tertulis dalam bentuk tes uraian sebanyak 3 tes yang terdiri dari 10 butir soal untuk tes awal, 10 butir soal untuk tes siklus I, 10 butir soal untuk tes siklus II. Sementara observasi dilakukan dengan mengamati keaktifan belajar siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 58 Sukaramai Medan Tahun Pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 25 siswa, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah dengan menerapkan model pembelajaran Learning Start With A Question (LSQ) untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Dari hasil penelitian dapat dilihat peningkatan hasil belajar yaitu tingkat ketuntasan belajar dengan menggunakan model pembelajaran Learning Start With A Question (LSQ) pada tes awal hanya 7 siswa (28%) yang tuntas sedangkan 18 siswa (72%) belum tuntas. Pada siklus I jumlah siswa yang tuntas meningkat menjadi 15 siswa (60%) yang tuntas sedangkan 10 siswa (40%) belum tuntas. Kemudian pada siklus II meningkat lagi menjadi 22 siswa (88%) yang tuntas sedangkan 3 siswa (12%) belum tuntas. Hal tersebut berarti bahwa penelitian ini berhasil, karena telah mencapai indikator keberhasilan penelitian yaitu sebesar 75%. Sedangkan ratarata tingkat keaktifan siswa pada pra siklus hanya 1,8 dalam kategori kurang, pada siklus I meningkat menjadi 2,4 dalam kategori cukup, kemudian pada siklus II meningkat menjadi 3 dalam kategori baik. en_US
dc.subject Model Pembelajaran Learning Start With A Question (LSQ) en_US
dc.subject Keaktifan, Hasil Belajar en_US
dc.title Upaya Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Learning Start With A Question (LSQ) pada Siswa SMP Muhammadiyah 58 Sukaramai Medan Tahun Pelajaran 2017/2018 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account