Research Repository

Pengembangan bahan ajar dengan pendekatan investigasi matematika bagi siswa SMP. Skripsi. Medan: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, 2018

Show simple item record

dc.contributor.author Astria, Yeni
dc.date.accessioned 2020-11-12T01:22:41Z
dc.date.available 2020-11-12T01:22:41Z
dc.date.issued 2018-03-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10670
dc.description.abstract Penelitian bertujuan untuk: (1) memperoleh bahan pembelajaran yang valid dan efektif, (2) mengetahui bagaimana peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan menggunakan bahan ajar pembelajaran yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan adalah model 4-D yang terdiri dari empat tahap dan dimodifikasi menjadi tiga tahap yaitu pendefinisian, perancangan, dan pengembangan. Hasil tahap pendefinisian digunakan untuk merancang bahan pembelajaran, selanjutnya draf hasil rancangan divalidasi dan diuji coba untuk melihat efektivitas bahan pembelajaran. Uji coba dilakukan terbatas sebanyak 12 orang pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Labuhan Deli. Uji Coba dilakukan sebanyak satu kali pada kelas VII dengan materi PLSV. Dari hasil pengembangan ini diperoleh bahwa: (1) bahan pembelajaran yang dikembangkan valid dengan rata-rata total validitas RPP = 4,375 Modul = 4,35 (2) bahan ajar yang dikembangkan efektif, dilihat dari ketercapaian ketuntasan belajar siswa, aktivitas siswa dalam batas toleransi yang ditetapkan dan respon siswa terhadap pembelajaran dalam kategori baik. en_US
dc.subject Pengembangan Bahan Ajar Dengan Pendekatan Investigasi Matematika. en_US
dc.title Pengembangan bahan ajar dengan pendekatan investigasi matematika bagi siswa SMP. Skripsi. Medan: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, 2018 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account