dc.description.abstract |
Penelitian bertujuan untuk: (1) memperoleh bahan pembelajaran yang valid
dan efektif, (2) mengetahui bagaimana peningkatan kemampuan pemecahan
masalah matematika siswa dengan menggunakan bahan ajar pembelajaran yang
dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Model
pengembangan yang digunakan adalah model 4-D yang terdiri dari empat tahap
dan dimodifikasi menjadi tiga tahap yaitu pendefinisian, perancangan, dan
pengembangan. Hasil tahap pendefinisian digunakan untuk merancang bahan
pembelajaran, selanjutnya draf hasil rancangan divalidasi dan diuji coba untuk
melihat efektivitas bahan pembelajaran. Uji coba dilakukan terbatas sebanyak 12
orang pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Labuhan Deli. Uji Coba dilakukan
sebanyak satu kali pada kelas VII dengan materi PLSV. Dari hasil pengembangan
ini diperoleh bahwa: (1) bahan pembelajaran yang dikembangkan valid dengan
rata-rata total validitas RPP = 4,375 Modul = 4,35 (2) bahan ajar yang
dikembangkan efektif, dilihat dari ketercapaian ketuntasan belajar siswa, aktivitas
siswa dalam batas toleransi yang ditetapkan dan respon siswa terhadap
pembelajaran dalam kategori baik. |
en_US |