Research Repository

Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah di SMP Muhammadiyah 48 Medan T.P 2017/2018.

Show simple item record

dc.contributor.author Marpaung, Wulan Sari
dc.date.accessioned 2020-11-12T01:18:32Z
dc.date.available 2020-11-12T01:18:32Z
dc.date.issued 2018-03-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10668
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis masalah, dengan model 4-D yaitu Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), dan Disseminate (Penyebaran). Karena keterbatasan peneliti, penelitian ini menjadi 3-D yang dilakukan hingga tahap develop (Pengembangan). Perangkat pembelajaran berupa RPP, Bahan ajar, LKPD, Media dan THB yang sealanjutnya dilaksanakan uji coba perangkat tersebut dalam pembelajaran pada materi perbandingandan siswa SMP kelas VII SMP Muhammadiyah 48 Medan. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode validasi. Data penelitian ini menunjukkan bahwa perangkat yang dikembangkan layak untuk digunakan sesuai dengan validasi perangkat oleh pakar. Hasil yang diperoleh dari hasil validasi RPP sebesar 90,3% dengan kategori sangat layak, hasil validasi Bahan Ajar sebesar 86% dengan kategori sangat layak, hasil validasi LKPD sebesar 89% dengan kategori sangat layak, hasil validasi Media sebesar 86,6% dengan kategori sangat, hasil validasi THB sebesar 90,5% dengan kategori sangat layak. Hasil analisis tes hasil belajar siswa menunjukkan presentase ketuntasan secara klasikal sebesar 84,6% yang memiliki kriteria tuntas en_US
dc.subject Pengembangan Perangkat en_US
dc.subject Pembelajaran Berbasis Masalah en_US
dc.title Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah di SMP Muhammadiyah 48 Medan T.P 2017/2018. en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account