dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis
masalah, dengan model 4-D yaitu Define (Pendefinisian), Design (Perancangan),
Develop (Pengembangan), dan Disseminate (Penyebaran). Karena keterbatasan
peneliti, penelitian ini menjadi 3-D yang dilakukan hingga tahap develop
(Pengembangan). Perangkat pembelajaran berupa RPP, Bahan ajar, LKPD, Media
dan THB yang sealanjutnya dilaksanakan uji coba perangkat tersebut dalam
pembelajaran pada materi perbandingandan siswa SMP kelas VII SMP
Muhammadiyah 48 Medan. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini
menggunakan metode validasi. Data penelitian ini menunjukkan bahwa perangkat
yang dikembangkan layak untuk digunakan sesuai dengan validasi perangkat oleh
pakar. Hasil yang diperoleh dari hasil validasi RPP sebesar 90,3% dengan kategori
sangat layak, hasil validasi Bahan Ajar sebesar 86% dengan kategori sangat
layak, hasil validasi LKPD sebesar 89% dengan kategori sangat layak, hasil
validasi Media sebesar 86,6% dengan kategori sangat, hasil validasi THB sebesar
90,5% dengan kategori sangat layak. Hasil analisis tes hasil belajar siswa
menunjukkan presentase ketuntasan secara klasikal sebesar 84,6% yang memiliki
kriteria tuntas |
en_US |