dc.description.abstract |
Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah
Bagaimana kreativitas belajar siswa pada pokok bahasan Segiempat kelas VII-7
SMP PAB 2 Helvetia T.P 2017/2018 dengan penerapan model Sinektik?, Apakah
penerapan model Sinektik dapat meningkatkan kreativitas belajar siswa pada
pokok bahasan Segiempat kelas VII-7 SMP PAB 2 Helvetia T.P 2017/2018?
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Untuk mengetahui bagaimana
kreativitas belajar siswa pada pokok bahasan Segiempat kelas VII-7 SMP PAB 2
Helvetia T.P 2017/2018 dengan penerapan model Sinektik. Untuk mengetahui
apakah penerapan model Sinektik dapat meningkatkan kreativitas belajar siswa
pada pokok bahasan Segiempat kelas VII-7 SMP PAB 2 Helvetia T.P 2017/2018.
Instrumen penelitian yang digunakan adalah Tes untuk melihat
ketercapaian peningkatan dalam pemahaman matematika siswa dan Observasi
untuk melihat kreativitas siswa. Tes yang digunakan adalah tes tertulis yang
berbentuk uraian sebanyak 4 tes yaitu tes awal, tes siklus I, tes siklus II dan tes
siklus III yang masing-masing terdiri dari 8 buah soal. Sementara, observasi
dilakukan dengan mengamati kreativitas belajar siswa sesuai dengan indikator.
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-7 di SMP PAB 2 Helvetia T.P
2017/2018 yang berjumlah 39 orang, sedangkan objek penelitian ini adalah
dengan menggunakan model Sinektik untuk meningkatkan kreativitas belajar
matematika pada siswa.
Hasil penelitian ini dari 39 siswa pada tes siklus I 15 siswa yang mencapai
ketuntasan hasil belajar siswa yaitu 38,46% pada tes siklus I ini yang menjadi
tujuan penelitian ini belum tercapai dan observasi nilai rata-rata persentase
kreativitas siswa 56,82% dengan kategori cukup, maka harus dilanjutkan pada
siklus II. Hasil tes yag dilakukan pada siklus II menunjukkan peningkatan yaitu
23 siswa yang mencapai ketuntasan hasil belajar yaitu 58,97%, namun pada siklus
II ini masih belum mencapai dari tujuan penelitian dan observasi nilai rata-rata
persentase kreativitas siswa 68,72% dengan kategori cukup, maka dilanjutkan lagi
pada siklus III. Hasil tes yang dilakukan pada siklus III menunjukan adanya
peningkatan menjadi 35 orang yang mencapai ketuntasan hasil belajar yaitu
89,74%, pada siklus III ini yang menjadi tujuan penelitian sudah tercapai dan
ternyata pada siklus III ini juga mengalami peningkatan observasi nilai rata-rata
persentase kreativitas siswa 82,31% dengan kategori baik. Dapat disimpulkan
bahwa dengan menggunakan model Sinektik pada pokok bahasan Segiempat
terjadi peningkatan kreativitas belajar matematika pada siswa kelas VII-7 di SMP
PAB 2 Helvetia T.P 2017/2018.
. |
en_US |