Research Repository

Efektivitas Model Problem Based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Hasil Belajar MATEMATIKA pada Siswa SMP Muhammadiyah 1 MEDAN T.P 2017/2018

Show simple item record

dc.contributor.author Harahap, Tua Halomoan
dc.date.accessioned 2020-11-12T01:14:18Z
dc.date.available 2020-11-12T01:14:18Z
dc.date.issued 2018-03-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10664
dc.description.abstract Penilitian ini bertujuan untuk mengetahui : apakah pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa SMP Muhammadiyah 1 Medan T.P 2017/2018 ditinjau dari ketuntasan belajar siswa,aktivitas belajar siswa,kemampuan guru mengelola pembelajaran dan respon siswa.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII Terpadu 4 SMP Muhammadiyah 1 Medan T.P 2017/2018 yang terdiri dari 30 orang siswa. Objek penelitian ini adalah model pembelajaran Problem Based Learning dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa dengan pokok bahasan lingkaran. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Instrumen penelitian ini berupa soal tes,lembar observasi untuk aktivitas siswa,kemampuan guru mengelola pembelajaran,dan respon siswa. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, diperoleh peningkatan ketuntasan belajar dari hasil evaluasi siswa secara klasikal dengan kondisi awal (36%) yang tuntas,sedangkan (64%) yang tidak tuntas kemudian dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning pada siklus I (66%) yang tuntas, sedangkan 10 orang siswa (34%) belum tuntas,siklus II semakin meningkat menjadi 27 siswa (90%) yang tuntas. Diperoleh peningkatan persentase aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 56%,siklus II sebesar 79%. Diperoleh peningkatan persentase kemampuan guru mengelola pembelajaran pada siklus I sebesar 72%,siklus II sebesar 87%. Diperoleh peningkatan persentase respon siswa pada siklus I sebesar 64%,siklus II sebesar 85%. Berdasarkan rincian tersebut, dapat disimpulkan bahwa belajar matematika dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning pada siswa kelas VIII Terpadu 4 SMP Muhammadiyah 1 Medan T.P 2017/2018 adalah efektif terhadap hasil belajar matematika ditinjau dari dari ketuntasan belajar siswa,aktivitas siswa,kemampuan guru mengelola pembelajaran, dan respon siswa. en_US
dc.subject Efektivitas en_US
dc.subject Model Problem Based Learning en_US
dc.title Efektivitas Model Problem Based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Hasil Belajar MATEMATIKA pada Siswa SMP Muhammadiyah 1 MEDAN T.P 2017/2018 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account