dc.description.abstract |
Penilitian ini bertujuan untuk mengetahui : apakah pembelajaran menggunakan model
Problem Based Learning efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa
SMP Muhammadiyah 1 Medan T.P 2017/2018 ditinjau dari ketuntasan belajar siswa,aktivitas
belajar siswa,kemampuan guru mengelola pembelajaran dan respon siswa.Subjek penelitian
ini adalah siswa kelas VIII Terpadu 4 SMP Muhammadiyah 1 Medan T.P 2017/2018 yang
terdiri dari 30 orang siswa. Objek penelitian ini adalah model pembelajaran Problem Based
Learning dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa dengan pokok bahasan
lingkaran. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas.
Instrumen penelitian ini berupa soal tes,lembar observasi untuk aktivitas siswa,kemampuan
guru mengelola pembelajaran,dan respon siswa. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan,
diperoleh peningkatan ketuntasan belajar dari hasil evaluasi siswa secara klasikal dengan
kondisi awal (36%) yang tuntas,sedangkan (64%) yang tidak tuntas kemudian dengan
menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning pada siklus I (66%) yang tuntas,
sedangkan 10 orang siswa (34%) belum tuntas,siklus II semakin meningkat menjadi 27 siswa
(90%) yang tuntas. Diperoleh peningkatan persentase aktivitas belajar siswa pada siklus I
sebesar 56%,siklus II sebesar 79%. Diperoleh peningkatan persentase kemampuan guru
mengelola pembelajaran pada siklus I sebesar 72%,siklus II sebesar 87%. Diperoleh
peningkatan persentase respon siswa pada siklus I sebesar 64%,siklus II sebesar 85%.
Berdasarkan rincian tersebut, dapat disimpulkan bahwa belajar matematika dengan
menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning pada siswa kelas VIII Terpadu 4
SMP Muhammadiyah 1 Medan T.P 2017/2018 adalah efektif terhadap hasil belajar
matematika ditinjau dari dari ketuntasan belajar siswa,aktivitas siswa,kemampuan guru
mengelola pembelajaran, dan respon siswa. |
en_US |