Research Repository

Perbandingan Kemampuan Disposisi Matematis Menggunakan Model Pembelajaran Time Token dan Model Pembelajran Explicit Intruction Pada Siswa MTs Islamiyah Medan T.P 2017/2018,

Show simple item record

dc.contributor.author Delpia, Vera
dc.date.accessioned 2020-11-12T01:09:47Z
dc.date.available 2020-11-12T01:09:47Z
dc.date.issued 2018-02-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10660
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui manakah model pembelajaran yang lebih baik dalam membentuk kemampuan disposisi matematis antara model pembelajaran time token dan model pembelajaran explicit instruction pada siswa MTs Islamiyah Medan T.P 2017/2018? Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah manakah model pembelajaran yang lebih baik dalam membentuk kemampuan disposisi matematis antara model pembelajaran time token dan model pembelajaran explicit instruction pada siswa MTs Islamiyah Medan T.P 2017/2018? Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Islamiyah Medan tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 60 siswa. Adapun sampel dalam penelitian adalah kelas VIII-A berjumlah 30 siswa sebagai kelas eksperimen I dan kelas VIII-B berjumlah 30 siswa sebagai kelas eksperimen II. Untuk kelas eksperimen I, pembelajaran menggunakan model Time Token, dan kelas eksperimen II, pembelajaran menggunakan model Explicit Intruction. Instrumen yang digunakan berbentuk angket yang diujikan pada siswa diluar penelitian, dan observasi digunakan untuk melihat aktivitas siswa pada saat masing-masing diberi model pembelajaran yang berbeda. Hasil deskripsi penelitian diperoleh bahwa skor rata-rata kelas eksperimen I sebesar 95,57 dan kelas eksperimen II sebesar 92,67 termasuk kategori disposisi tinggi. .Berdasarkan hipotesis yang diujikan dengan uji-t diperoleh bahwa nilai thitung ≥ ttabel yaitu 2,7407 ≥ 2,0017. Dengan demikian dapat disimpulkan kemampuan disposisis matematis siswa yang menggunakan model Time Token lebih baik dibandingkan dengan model Explcit Intruction pada siswa MTs Islamiyah Medan T.P 2017/2018. en_US
dc.subject Kemampuan Disposisi en_US
dc.subject Time Token en_US
dc.subject Explicit Intruction en_US
dc.title Perbandingan Kemampuan Disposisi Matematis Menggunakan Model Pembelajaran Time Token dan Model Pembelajran Explicit Intruction Pada Siswa MTs Islamiyah Medan T.P 2017/2018, en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account