dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar
matematika antara siswa yang mengikuti model pembelajaran Advance Organizer dengan
siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Rumusan masalah dalam penelitian ini
adalah “Apakah pembelajaran model advance organizer dapat meningkatkan hasil belajar
matematika siswa kelas X MIA 2 pada materi sistem persamaan linier tiga variable?”.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dan desain yang digunakan adalah postest dan
pretest. Dalam penelitian ini peneliti pereran langsung sebagai guru dalam proses
pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIA 2 SMA
Muhammadiyah 1 medan yang berjumlah 36 orang. Pengambilan data dalam penelitian ini
menggunakan dokumentasi, lembar observasi, dan tes. Dalam penelitian ini, pertemuan
dilaksanakan selama empat kali, yaitu dua kali pembelajaran konvensional dan dua kali
pembelajarang menggunakan model pembelajaran Advance Organizer. Untuk melihat hasil
penelitian tersebut, digunakan rumus nilai rata-rata. Berdasarkan hasil analisis data tersebut,
diambil kesimpulan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar matematika antara siswa yang
mengikuti model pembelajaran Advance Organizer dengan siswa yang mengikuti
pembelajaran konvensional pada siswa kelas X MIA 2 SMA Muhammadiyah 1 Medan. |
en_US |