dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor yang mempengaruhi minat siswa
SMP Gajah Mada Medan dalam belajar matematika. Penelitian ini merupakan penelitian
analisis faktor dengan sampel penelitiannya adalah siswa SMP Gajah Mada Medan.
Sedangkan instrument penelitian ini adalah angket.
Penelitian dilakukan pada siswa kelas VIII-A yang berjumlah 33 siswa. Teknik
analisis data yaitu uji normalitas dan analisis faktor. dari hasil analisis diperoleh hasil
component matriks untuk variabel Rajin dalam belajar (faktornya adalah 0,784), variabel
Tekun dalam belajar (faktornya adalah 0,871), variabel Rapi dalam mengerjakan tugas
(faktor nya adalah 0,841), variabel Memiliki jadwal belajar ( faktor 1 adalah 0,853),
variabel Disiplin dalam belajar (faktop/rnya adalah 0,880). Dari hasil penelitian tersebut
dapat disimpulkan bahwa variabel rajin dalam belajar, tekun dalam belajar, rapi dalam
mengerjakan tugas, memiliki jadwal belajar, disiplin dalam belajar. Faktor yang paling
utama yang mempengaruhi minat belajara matematika yang memiliki nilai tertinggi yaitu
variabel Disipilin siswa X3 sebesar 0,880.
Hal ini menunjukkan seseorang akan minat dalam belajar matematika jika memiliki
disiplin yang baik. Maka perlulah para siswa untuk terus meningkatkan disiplinnya dalam
belajar dan juga perlu motivasi dari orang tua dan lingkungan sehingga mendapatkan hasil
belajar matematika optimal. |
en_US |