dc.description.abstract |
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : Apakah Penerapan Model
Pembelajaran Treffinger Dapat Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah
Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar Kubus Dan
Balok Pada Siswa Kelas VIII-3 SMP Swasta Bina Satria Medan T.P 2017/2018.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas,
sedangkan instrumen penelitian ini adalah tes hasil belajar. Sebagai subjek
penelitian ini adalah Model Pembelajaran Treffinger pada siswa kelas VIII-3 SMP
Swasta Bina Satria Medan Tahun pelajaran 2017/2018. Dalam penelitian ini siswa
kelas VIII-3 SMP Swasta Bina Satria Medan berjumlah 39 siswa yang terdiri dari
20 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan. Hasil penelitian penelitian ini dibagi
atas III siklus. Hasil tes kemampuan pemecahan masalah belajar siswa dari siklus
I diperoleh 25 siswa (64,10%) yang mencapai ketuntasan, sementara yang belum
tuntas 14 orang (35,90%). Untuk hasil tes kemampuan pemecahan masalah belajar
siswa dari siklus II diperoleh 28 siswa (71,80%) yang mencapai ketuntasan,
sementara yang belum tuntas 11 orang (28,20%). Sedangkan untuk hasil belajar
pada siklus III diperoleh sebanyak 34 siswa (87,17%) yang mencapai ketuntasan,
sementara yang belum tuntas sebanyak 5 orang (12,83%). Dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa model pembelajaran treffinger dapat dijadikan sebagai
alternatif model pembelajaran yang efektif untuk mencapai kemampuan
pemecahan masalah dan prestasi belajar siswa secara optimal. |
en_US |