dc.description.abstract |
Permasalahan dalam penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah siswa,
khususnya siswa SMP masih relative rendah dan belum pernah digunakannya
perangkat pembelajaran, khususnya RPP, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD),
Bahan Ajar, Media dan Tes yang dikembangkan melalui PMR. Tujuan penelitian ini
adalah untuk : (1) Mengetahui keefektivan perangkat pembelajaran yang
dikembangkan berbasis Pendekatan Matematika Realistik (PMR) untuk
meningkatkan kemampuan pemecahana masalah matematika siswa. Jenis penelitian
ini adalah penelitian pengembangan. Pengembangan yang dilakukan adalah
pengembangan terhadap perangkat melalui model 4-D (Four-D Model) yang
dikembangkan oleh S. Thiagarajan dan Samuel dan dimodifikasi sesuai kebutuhan
menjadi 3-D (Three-D Model). Model ini meliputi tiga tahapan terdiri dari tahap
pendefenisian (define), tahap perancangan (design), dan tahap pengembangan
(develop). Ujicoba perangkat pembelajaran dilakukan sebanyak dua kali ujicoba dan
dilakukan pada siswa kelas VII MTs Islamiyah Medan. Pada ujicoba, sampel
penelitian diambil dari kelas VII-A sebanyak 15 orang. Hasil ujicoba penelitian dapat
disimpulkan beberapa hal sebagai berikut : (1) peningkatan kemampuan pemecahan
masalah siswa melalui perangkat pembelajaran yang dikembangkan berbasis PMR
sebesar 53%. (2) keefektifan perangkat pembelajaran bebasis PMR disimpulkan
berdasarkan bahwa : (a) ketuntasan klasikal sebesar 93%. Sehingga disarankan
terhadap setiap guru terutama guru matematika agar mampu mengembangkan
perangkat pembelajaran sendiri yang sesuai dengan kebutuhan peserta didiknya. |
en_US |