dc.description.abstract |
Skripsi ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran berupa RPP
dan LKS berorientasi model Numbered Head Together pada materi lingkaran
untuk siswa SMP/MTs kelas VIII semester II. Kualitas produk yang
dikembangkan dinilai berdasarkan aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengacu model
pengembangan 4-D, yaitu Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop
(Pengembangan), dan Disseminate ( Penyebaran). Karena keterbatasan peneliti,
penelitian dilakukan pada tahap develop. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas
VIII MTs Negeri 2 Medan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah
lembar penilaian perangkat pembelajaran untuk mengukur kevalidan perangkat
pembelajaran, angket respon siswa utuk mengukur kepraktisan perangkat
pembelajaran, serta tes hasil belajar untuk mengukur keefektifan perangkat
pembelajaran.
Hasil penelitian ini adalah perangkat pembelajaran berupa RPP dan LKS yang
berorientasi model Numbered Head Together utuk siswa SMP/MTs kelas VIII. (1)
Berdasarkan hasil validasi RPP, diperoleh skor 4,5 dengan kriteria ” sangat baik”.
(2) Berdasarkan hasil validasi LKS, diperoleh skor 4,2 dengan kriteria “baik”. (3)
Berdasarkan hasil lembar observasi, diperoleh skor 4,44 dengan kriteria ”sangat
baik”. (4) Berdasarkan hasil validasi RPP, diperoleh skor 4,44 dengan kriteria “
baik”. (5) Berdasarkan hasil angket respon siswa, diperoleh skor 4,41 dengan
kriteria “baik”. Sehingga perangkat pembelajaran dikatakan efektif. |
en_US |