dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna kontekstual pada bahasa
iklan niaga di harian Waspada Medan. Metode yang digunakan pada penelitian ini
adalah metode deskriptif dengan cara mengumpulkan data, mendeskripsikan data
dan selanjutnya menganalisis data tersebut. Data penelitian ini adalah iklan niaga
yang ada dalam harian Waspada Medan. Sumber data penelitian ini adalah data
dari media cetak dengan mengelompokkan iklan niaga yang akan dianalisis
dengan menggunakan makna kontekstual.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa iklan niaga yang diterbitkan di
Harian Waspada sebanyak 20 data iklan niaga yang terkumpul, seluruhnya
mempunyai makna dan maksud yang berbeda. Adapun makna kontekstual iklan
niaga tersebut bermakna menawarkan kemudahan terdapat 2 produk, canggih
dalam teknologi terdapat 2 produk di dalamnya, 2 produk memberikan
kemewahan terhadap pengguna produk yang digunakan, terdapat 2 produk yang
menawarkan berbagai macam harga promo yang menarik dan terjangkau serta
banyak memberikan hadiah kepada konsumen yang membeli produk tersebut,
terdapat 5 produk yang memberikan keuntungan dengan kualitas barang yang
bagus dan kuat, 3 produk yang berisis anjuran untuk menggunakan produk yang
memberikan kebutuhan bagi konsumen yang menggunakannya, 4 produk yang
banyak memberikan pelayanan terbaik dalam hal jasa. |
en_US |