dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan menulis karangan
deskripsi, oleh siswa kelas X SMA 12 N Medan Tahun Ajaran 2017-2018. Metode
yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan design posttest only
design, yaitu suatu penelitian yang bertujuan untuk mencari pengaruh antara dua
variable dengan menggunakan satu kali postes. Instrumen yang digunakan peneliti
untuk mengukur keberhasilan model ini adalah tes esai menulis karangan deskripsi.
Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA 12 N Medan yang berjumlah
177 orang siswa yang 4 kelas, dimana tiap kelas terdiri dari 35 sampai 39 siswa.
Kelas X-1 sebanyak 39 orang, kelas X-2 sebanyak 40 orang, kelas X-3 sebanyak 40
orang dan kelas X-4 sebanyak 38 orang.
Hasil penelitian yang dilakukan diperoleh nilai rata-rata kelas ekperimen adalah 78,43
dan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 59,18, dapat disimpul kan bahwa pembelajaran
menggunakan model think talk write dapat memberi pengaruh positif terhadap
kemampuan menulis karangan deskripsi oleh siswa kelas X SMA 12 N Medan Tahun
Ajaran 2017-2018. Hal ini terbukti dengan uji statistik yang dilakukan. Berdasarkan
uji-t, dengan membandingkan thitung dengan ttabel diperoleh thitung>ttabel yaitu 7,07 lebih
besar dari 1,665 dengan demikian HO ditolak dan Ha diterima yang berarti terdapat
pengaruh yang signifikan model think talk write terhadap kemampuan menulis
karangan deskripsi oleh siswa kelas X SMA 12 N Medan Tahun Ajaran 2017-2018. |
en_US |