dc.description.abstract |
ujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui model pembelajaran yang lebih
baik terhadap kemampuan berpikir kritis siswa antara model pembelajaran
Student Facilitator And Explaining dan model Stop Think Do pada Siswa
Madrasah Aliyah Swasta Lab. Ikip Al Washliyah Medan Tahun Pelajaran
2017/2018. populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Madrasah
Aliyah Lab. IKIP Al Washliyah Medan yang terdiri dari dua kelas yang berjumlah
60 orang. Adapun sampel dalam penelitian ini berjumlah 60 orang. Yang terdiri
dari 2 kelas, yaitu kelas X-A untuk pengajaran dengan menggunakan model
Student Facilitator And Explaining dengan jumlah siswa 30 orang, dan kelas X-B
untuk pengajaran dengan model Stop Think Do dengan jumlah siswa 30 orang.
Instrumen yang digunakan berbentuk tes yaitu berupa posttest yang terdiri dari 10
item soal dan observasi aktivitas guru dan siswa pada saat pembelajaran dengan
model Student Facilitator And Explaining dan model Stop Think Do. Hasil
deskripsi penelitian diperoleh bahwa skor rata-rata kelas eksperimen I sebesar
80,667 dan kelas eksperimen II sebesar 76,667. Berdasarkan analisis data dengan
uji-t diperoleh bahwa nilai thitung ≥ ttabel yaitu 2,290 ≥ 2,0017. Dengan demikian
dapat disimpulkan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining lebih
baik terhadap terhadap kemampuan berpikir kritis siswa daripada dengan model
Stop Think Do. |
en_US |