dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran
berupa rencana pelakasanaan pembelajaran (RPP), lembar kegiatan peserta didik
(LKPD), media pembelajaran, bahan ajar, dan tes hasil belajar pada materi persegi
untuk siswa kelas VII dengan model pembelajaran talking stick . Penelitian ini
juga bertujuan untuk mendeskripsikan kualitas produk ditinjau dari aspek
kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Jenis penelitian ini adalah penelitian
pengembangan, untuk mengembangkan perangkat pembelajaran dalam penelitian
ini, peneliti menggunakan model 4-D yang dimodifikasi. Modifikasi yang
dilakukan adalah model hanya memuat tahap pendefinisian (define), tahap
perancangan (design), dan tahap pengembangan (development). Modisikasi 4-D
menjadi 3-D dilakukan karena ruang lingkupnya terlalu luas dan keterbatasan
kemampuan peneliti. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-A
sebanyak 44 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar
penilaian LKPD, RPP, Bahan Ajar, Media Pembelajaran, dan Tes Hasil Belajar
untuk 2 dosen dan 3 guru untuk mengukur kevalidan LKPD, RPP, Bahan Ajar,
Media Pembelajaran, dan Tes Hasil Belajar, angket respon untuk mengukur
kepraktisan LKPD dan untuk mengukur kepraktisan RPP, serta tes hasil belajar
untuk mengukur keefektifan penggunaan RPP dan LKPD. Hasil penelitian ini
adalah RPP berdasarkan pendekatan talking stick dan LKPD persegi untuk siswa
kelas VII-A dengan model talking stick. (1) Berdasarkan hasil penilaian kevalidan
RPP, diperoleh rata-rata skor keseluruhan sebesar 4,28 dengan kriteria ”Baik”. (2)
Berdasarkan hasil penilaian kevalidan LKPD, diperoleh rata-rata skor keseluruhan
4,44 dengan kriteria “Baik”. Nilai untuk rata-rata total untuk RPP dan LKPD
termasuk kategori valid. (3) Ketuntasan klasikal siswa menunjukkan pembelajaran
pada materi Persegi dengan menggunakan model Talking Stick pada kelas VII-A
SMP Tarbiyah Islamiyah sudah mencapai kriteria ketuntasan; (4) ketercapaian
indikator sudah tercapai; (5) Respon siswa terhadap komponen dan kegiatan
pembelajaran adalah positif; dapat disimpulkan bahwa penerapan perangkat
pembelajaran menggunakan model Talking Stick yang dikembangkan sudah
memenuhi kriteria Keefektifan perangkat pembelajaran yang telah ditetapkan . |
en_US |