dc.contributor.author |
Suhartini |
|
dc.date.accessioned |
2020-11-11T08:21:18Z |
|
dc.date.available |
2020-11-11T08:21:18Z |
|
dc.date.issued |
2018-03-18 |
|
dc.identifier.uri |
http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10494 |
|
dc.description.abstract |
Tujuan penelitian pengembangan ini untuk menghasilkan media pembelajaran
menggunakan macromedia flash dengan pendekatan kontekstual pada materi
Lingkaran untuk siswa SMP kelas VIII. Model pengembangan yang digunakan
adalah penelitian pengembangan yang terdiri dari tiga tahap yakni analisis,
perancangan dan pengembangan. Subjek penelitian ini adalah siswa SMP Swasta
Al Hikmah Medan Kelas VIII-5 dengan menggunakan skala kelas kecil
senbanyak 10 orang siswa. Kelayakan media pembelajaran merujuk pada hasil
penilaian media oleh para ahli terhadap media pembelajaran yang dikembangkan.
Media pembelajaran matematika menggunakan macromedia flash materi
Lingkaran dengan pendekatan kontekstual yang dikembangkan sudah memenuhi
kriteria valid/layak digunakan untuk siswa SMP kelas VIII. Kelayakan terlihat
dari hasil penilaian validator, dimana semua validator menyatakan baik. Hasil
penilaian media oleh ahli diperoleh nilai 4,1 dengan kategori kelayakan Baik.
Hasil penilaian RPP oleh ahli diperoleh nilai 4,2 dengan kategori kelayakan Baik.
Analisis nilai tes hasil belajar siswa menunjukkan presentase ketuntasan klasikal
siswa pada tes hasil belajar siswa sebesar 80%. Berdasarkan analisis Tes Hasil
Belajar dapat ditarik kesimpulan bahwa tes hasil belajar yang dikembangkan
memiliki kriteria “Tuntas |
en_US |
dc.subject |
Penelitian pengembangan, |
en_US |
dc.subject |
Macromedia flash, silinder |
en_US |
dc.title |
Pengembangan Media Pembelajaran Matematika menggunakan Macromedia Flash Berbasis Contextual Teaching and Learning Untuk Siswa SMP Swasta Al Hikmah Medan T.P 2017/2018. |
en_US |
dc.type |
Thesis |
en_US |