dc.description.abstract |
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui prosedur pengembangan Modul
berbasis Berpikir Kritis Siswa pada siswa kelas VIII SMP Swasta Pelita Medan.
Pada penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan model
Thiagarajan dan Sammel yaitu model 4-D yang telah dimodifikasi. Proses
pengembangan tersebut terdiri dari empat tahap, yaitu : define, design, develop,
disseminate. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VIII SMP Swasta
Pelita Medan yang berjumlah 15 orang. Objek penelitian ini adalah modul yang
dikembangkan dan RPP. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar
penilaian modul dan lembar penilaian RPP. Berdasarkan hasil analisis data yang
diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa: a) hasil validasi modul
diperoleh skor rata-rata total 4,0 dengan kriteria “Baik”, dan hasil validasi modul
diperoleh skor rata-rata total 3,9 dengan kriteria “Baik”. b) hasil analisis data tes
hasil belajar siswa diperoleh presentase ketuntasan klasikal sebesar 80%. |
en_US |