dc.description.abstract |
Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui Bagaimana hasil belajar
matematika siswa pada pokok bahasan Lingkaran kelas VIII-A SMP
Muhammadiyah 8 Medan T.P 2017/2018 dengan menggunakan metode Bamboo
Dancing?. (2) Untuk mengetahui Apakah penerapan metode Bamboo Dancing
dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan
Lingkaran kelas VIII-A Smp Muhammadiyah 8 Medan T.P 2017/2018?.
Instrumen yang digunakan adalah tes. Tes yang digunakan adalah tes tertulis yang
berbentuk uraian sebanyak 5 tes yaitu tes awal, tes siklus I, tes siklus II. Yang
masing-masing terdiri dari 5 soal. Subjek penelitian ini siswa kelas VIII-A di
SMP Muhammadiyah 8 Medan T.P 2017/2018 yang berjumlah 34 orang,
sedangkan objek penelitian ini adalah dengan menggunakan model pembelajaran
Bamboo Dancing untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Hasil
penelitian ini dari 34 orang siswa pada siklus I 19 siswa yang mencapai
ketuntasan hasil belajar siswa yaitu 55,88% pada siklus I ini yang menjadi tujuan
penelitian ini belum tercapai dan harus dilanjutkan pada siklus II. Hasil belajar
siswa pada siklus II menunjukkan peningkatan yaitu 30 siswa yang mencapai
ketuntasan hasil belajar yaitu 88,23% pada siklus II ini yang menjadi tujuan
penelitian ini sudah tercapai. Dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan
metode Bamboo Dancing pada pokok bahasan Lingkaran terjadi peningkatan hasil
belajar matematika pada siswa kelas VIII-A di SMP Muhammadiyah 8 Medan
T.P 2017/2018 |
en_US |