dc.description.abstract |
Penelitian pengembangan perangkat pembelajaran ini bertujuan untuk
menghasilkan produk yang dikembangkan dan dibatasi yaitu hanya Media
Pembelajaran berbasis ict pada materi operasi aljabar untuk siswa SMP kelas VIII
semester genap. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui kualitas produk
ditinjau dari aspek kevalidan. Subjek peneloitian ini adlah siswa kelas VIII yang
berjumlah 27 orang dan pada skala kecil 10 orang. Sedangkan objeknya adalah
perangkat pembelajaran yang dikembangkan media pembelajaran matematika
berupa video PowToon pada materi operasi aljabar. Instrument penelitian yang
digunakan adalah angket media pembelajaran, angket terdiri dari angket ahli
media, ahli materi, guru, siswa dan berdasarkan hasil analisis nilai tes hasil belajar
siswa menunjukkan persentase ketuntasan klasikal siswa. Berdasarkan analisis
data skor akhir yang di peroleh pada setiap angket adalah sebagai berikut ahli
media diperoleh skor 4,3, ahli materi 4,3, sedangkan hasil angket guru diperoleh
4,6, siswa diperoleh skor akhir 4,5 dan tes hasil belajar diperoleh sebesar 81,1%
mamiliki kriteria “Tuntas” dengan klasikal ≥70%. |
en_US |