Research Repository

Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dikelas VII SMP Negeri 14 Binjai T.A 2017/2018

Show simple item record

dc.contributor.author Sahara, Rafika
dc.date.accessioned 2020-11-11T08:01:10Z
dc.date.available 2020-11-11T08:01:10Z
dc.date.issued 2018-03-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10468
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika dengan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC pada siswa SMP Negeri 14 Binjai T.A 2017/2018 dan untuk mengetahui apakah ada peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika pada siswa kelas VII-3 di SMP Negeri 14 Binjai T.A 2017/2018 dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC. Adapun jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-B SMP Negeri 3 Lubuk Pakam yang berjumlah 36 orang siswa. Objek dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa kelas VII-3 di SMP Negeri 14 Binjai T.A 2017/2018. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah rata-rata kelas, analisis observasi, analisis ketuntasan belajar dan analisis ketuntasan klasikal. Adapun hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan pemahaman konsep matematika siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC kepada siswa SMP Negeri 14 Binjai T.A 2017/2018 pada materi Pecahan. Dari hasil Penelitian dapat dilihat peningkatan pemahaman konsep yaitu tingkat ketuntasan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC pada tes awal sebanyak 3 siswa (12,5%) yang tuntas sedangkan 21 siswa (87,5%) belum tuntas. Pada siklus I jumlah siswa yang tuntas meningkat menjadi 10 siswa (41,8%) yang tuntas sedangkan 14 siswa (58,3%) belum tuntas. Kemudian pada siklus II meningkat lagi 21 siswa (87,5%) yang tuntas sedangkan 3 siswa (12,5%) belum tuntas. Hal tersebut berarti bahwa penelitian ini berhasil, karena telah mencapai indikator keberhasilan penelitian sebesar 85%. Sedangkan rata-rata hasil observasi tingkat pemahaman konsep siswa pada tes awal 2,2 kategori kurang, pada siklus I meningkat menjadi 2,6 kategori cukup, kemudian pada siklus II meningkat menjadi 3,27 dalam kategori baik en_US
dc.subject Pemahaman konsep matematika, en_US
dc.subject Model pembelajaran kooperatif tipe CIRC en_US
dc.title Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dikelas VII SMP Negeri 14 Binjai T.A 2017/2018 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account