dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep
matematika dengan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC pada siswa SMP
Negeri 14 Binjai T.A 2017/2018 dan untuk mengetahui apakah ada peningkatan
kemampuan pemahaman konsep matematika pada siswa kelas VII-3 di SMP
Negeri 14 Binjai T.A 2017/2018 dengan menerapkan model pembelajaran
kooperatif tipe CIRC. Adapun jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan
Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-B SMP Negeri 3
Lubuk Pakam yang berjumlah 36 orang siswa. Objek dalam penelitian ini adalah
penerapan model pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman konsep
matematika siswa kelas VII-3 di SMP Negeri 14 Binjai T.A 2017/2018. Instrumen
penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah observasi dan tes. Teknik
analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah rata-rata kelas, analisis
observasi, analisis ketuntasan belajar dan analisis ketuntasan klasikal. Adapun
hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan pemahaman konsep matematika
siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC kepada
siswa SMP Negeri 14 Binjai T.A 2017/2018 pada materi Pecahan. Dari hasil
Penelitian dapat dilihat peningkatan pemahaman konsep yaitu tingkat ketuntasan
dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC pada tes awal
sebanyak 3 siswa (12,5%) yang tuntas sedangkan 21 siswa (87,5%) belum tuntas.
Pada siklus I jumlah siswa yang tuntas meningkat menjadi 10 siswa (41,8%) yang
tuntas sedangkan 14 siswa (58,3%) belum tuntas. Kemudian pada siklus II
meningkat lagi 21 siswa (87,5%) yang tuntas sedangkan 3 siswa (12,5%) belum
tuntas. Hal tersebut berarti bahwa penelitian ini berhasil, karena telah mencapai
indikator keberhasilan penelitian sebesar 85%. Sedangkan rata-rata hasil observasi
tingkat pemahaman konsep siswa pada tes awal 2,2 kategori kurang, pada siklus I
meningkat menjadi 2,6 kategori cukup, kemudian pada siklus II meningkat
menjadi 3,27 dalam kategori baik |
en_US |