dc.description.abstract |
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat
pembelajaran berupa RPP, LKPD, Bahan Ajar (Modul), Media Pembelajaran
(PPT), dan Instrumen Penilaian dengan menggunakan model Realistic
Mathematic Education (RME) pada materi fungsi untuk siswa kelas X. Penelitian
juga bertujuan untuk mendeskripsikan kualitas produk ditinjau dari aspek
kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Model pengembangan yang digunakan
adalah 4-D yang kemudian dimodifikasi menjadi 3-D (Define, Design,
Development). Subjek penelitian adalah siswa-siswi kelas X. Instrumen penelitian
terdiri dari lembar penilaian validitas RPP, LKPD, Bahan Ajar (Modul), Media
Pembelajaran (PPT), dan Instrumen Penilaian, lembar observasi aktivitas guru
untuk mengukur kepraktisan perangkat, angket respon siswa dan tes hasil belajar
untuk mengukur keefektifan RPP, LKPD, Bahan Ajar (Modul), Media
Pembelajaran (PPT), dan Instrumen Penilaian. Hasil penelitian berupa RPP,
LKPD, Bahan Ajar (Modul), Media Pembelajaran (PPT), dan Instrumen Penilaian
pada materi fungsi untuk kelas X. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh: (1) RPP
yang dikembangkan “Valid” dengan rata-rata total sebesar 4,375 dari rata-rata
maksimal 5.00; (2) Bahan Ajar yang dikembangkan “Valid” dengan rata-rata
total sebesar 4,35 dari rata-rata maksimal 5.00; (3) LKPD yang dikembangkan
“Valid” dengan rata-rata total sebesar 4,35 dari rata-rata maksimal 5.00 (4) Media
Pembelajaran yang dikembangkan “Valid” dengan rata-rata total sebesar 4,4 dari
rata-rata maksimal 5.00; (5) Instrumen Penilaian yang dikembangkan “Valid”
dengan rata-rata total sebesar 4,375 dari rata-rata maksimal 5.00; (6) RPP, LKPD,
Bahan Ajar (Modul), Media Pembelajaran (PPT), dan Instrumen Penilaian
memenuhi kriteria praktis berdasarkan hasil lembar observasi aktivitas guru
dengan persentase keaktifan guru sebesar 88,2% dengan kriteria “Sangat Baik”;
dan (7) RPP, LKPD, Bahan Ajar (Modul), Media Pembelajaran (PPT), dan
Instrumen Penilaian memenuhi kriteria efektif berdasarkan hasil tes hasil belajar
siswa dengan persentase 74% siswa tuntas dan 26% siswa yang tidak tuntas
dengan rata-rata keseluruhan siswa 77,77% dengan kategori “Tinggi”. Dan hasil
angket respon siswa diperoleh persentase respon siswa sebesar 87,77% dengan
kriteria “Sangat Baik |
en_US |