dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan makna dan nilai pendidikan karakter cerita rakyat Batu Bara legenda Siti Payung. Data penelitian ini adalah struktur dan nilai pendidikan karakter dalam cerita rakyat. Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi. Instrumen penelitiannya menggunakan teknik pedoman dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah membaca cerita rakyat berulang-ulang sampai memahami, mengumpulkan data dengan cara menandai kata atau kalimat yang berhubungan dengan rumusan masalah, setelah itu dideskripsikan dan menarik kesimpulan. Hasil temuan ini dapat menjawab dari pernyataan penelitian, yaitu adanya unsur yang saling terkait meliputi tema, alur, tokoh-penokohan, dan latar, dan terdapat nilai pendidikan karakter dalam cerita rakyat Batu Bara legenda Siti Payung yang terdiri: karakter utama, karakter dalam berinteraksi, dan karakter untuk sukses. Hasil penelitian ini dideskripsikan melalui kata-kata, kalimat, dan dialog yang terdapat dalam cerita rakyat. Unsur temanya yaitu: kebajikan berujung kenikmatan, alur menggunakan alur maju. Unsur latar tempat digambarkan dari hutan hingga ke kota tepatnya di istana, unsur latar suasana khawatir, genting, ketakutan, dan marah. Tokoh dan penokohannya digambarkan sebagai tokoh yang baik. Nilai karater utama yaitu: nilai jujur, adil, bertanggung jawab. Nilai karakter dalam berinteraksi terdiri atas: lemah-lembut, berbuat baik kepada orang lain, menjaga lisan. Nilai karakter untuk sukses yaitu: tidak sombong, dan berupaya dengan sungguh. |
en_US |