dc.description.abstract |
Penelitian pengembangan perangkat pembelajaran ini bertujuan untuk menghasilkan
suatu produk yang dikembangkan seperti Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
dan Lembar Kerja Peserta Didik ( LKPD) yang valid. RPP dikembangkan
menggunakan model PjBL yaitu pembelajaran dengan pendekatan saintifik yang akan
diselesaikan oleh siswa. LKPD yang dikembangkan memuat berbagai soal yang
dapat mempasilitasi kemampuan siswa. Hasil validasi para ahli menyatakan bahwa
produk yang dikembangkan mencapai kategori valid. Kualitas kevalidan perangkat
pembelajaran memenuhi kriteria valid ditunjukkan oleh skor rata-rata RPP yang di
peroleh sebesar 4,31, dan masuk dalam kategori sangat baik; dan skor rata-rata
validsi LKPD diperoleh skor rata-rata sebesar 4,34. pada ujicoba produk
pengembangan telah diuji coba terbatas, pada kelompok kecil, serta pembatasan pada
penelitian hingga 3-D yaitu define, design, dan develop. |
en_US |