dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “Pengaruh Model Pembelajaran
Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Menulis Iklan Oleh Siswa Kelas
IX SMP PAB Sampali Tahun Pembelajaran 2018-2019. Lokasi penelitian ini
dilaksanakan di SMP PAB Sampali Jl. Pasar Hitam No.69 Sampali Kec. Percut
Sei Tuan, Kab. Deli Serdang. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas IX SMP
PAB Sampali Tahun Pembelajaran 2018-2019 yang berjumlah 70 siswa.
Banyaknya jumlah populasi yang ada maka penelitian memilih satu kelas yaitu
IX-2 sebagai kelas eskperimen yang berjumlah 34 siswa. Motode yang digunakan
dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan model one group pre-test
and post-test design. Dalam penelitian ini menggunakan instrumen tes berupa
essai yaitu menulis iklan. Penelitian ini menggunakan uji ی ی . Hasil dari
analisis data diperoleh beberapa temuan tingkat hasil belajar siswa. Nilai rata-rata
siswa sesudah perlakuan (post-test) = 79,05 dan standar deviasi = 6,99 sedangkan
nilai rata-rata sebelum peralukan (pre-test) = 64,23 standar deviasi = 9,35. Dari
data tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model
pembelajaran Problem Based Laerning terhadap kemampuan menulis iklan oleh
siswa kelas IX SMP PAB Sampali Tahun Pembelajaran2018-2019. Hal ini
dibuktikan dengan perhitungan menggunakan uji “
”. Hasil perhitungan
dikonsultasikan dengan
dan diperoleh perhitungan
>
yaitu
12,24 > 1,99 sehingga alternatif (Ha) pada penelitian ini terbukti kebenarannya
yang diterima. |
en_US |