Research Repository

Analisis Keefektifan Belajar Matematika Dengan Menggunakan Strategi Dengan Menggunakan Strategi Active Knowledge Sharing Pada Siswa SMP Asuhan Jaya Medan T.P 2017/2018.

Show simple item record

dc.contributor.author Zuldar, Nanda Rezky Putra
dc.date.accessioned 2020-11-11T07:35:13Z
dc.date.available 2020-11-11T07:35:13Z
dc.date.issued 2018-03-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10429
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah belajar matematika siswa efektif dengan menggunakan strategi active kenowledge sharing pada siswa SMP Asuhan Jaya Medan pada pokok pembahasan bilangan berpangakt dan bentuk akar ? Instrumen penelitian yang di gunakan adalah Tes dan Observasi. Tes yang di gunakan pre-test dan post-test yang berbentuk essay tes. Pre-tes berjumlah 10 soal dan post-tes berjumlah 8 soal. Sementara, observasi di lakukakan dengan mengamati aktivitas belajar siswa dan respon siswa sesuai indikator. Subjact penelitian ini siswa kelas IX-2 di SMP Asuahn Jaya Medan T.P 2017/2018 yang berjumlah 40 orang, sedangkan objact penelitian ini adalah melihat keefektifan belajar siswa dalam menyelesaikan materi bilangan berpangkat dan bentuk akar dengan menggunakan starategi Actife Knowladge Sharing. Hasil penelitian ini keefektifan belajar matematika siswa ditinjau dari ketuntasan belajar,terdapat peningkatan persentase ketuntasan. Secara klasikal, pada pertemuan pertama sebesar 42,5% dan berada pada kategori Tidak Tuntas. Pada pertemuan kedua sebesar 87,5% dan berada pada kategori tuntas. Selanjut keefktifan belajar matematika di tinjau dari aktivitas siswa terdapat peningkatan persentase keefektifan. Pada perteman pertama sebesar 74% dan berada pada kategori aktif. Pada pertemuan kedua sebesar 81% dan berada pada kategori aktif. Keefektifan belajar matematika di tinjau dari kemampuan guru mengelola pembelajaran pada pertemuan pertama sebesar 87,5% dan berada pada kategori baik. Pada pertemuan kedua sebesar 92% dan berada pada kategori sangat baik . Dan keefektifan belajar matematika di tinjau dari respon siswa terdapat peningkatan persentase yang pada pertemuan pertama sebesar 77,53% dan berada pada kategori di respon cukup positive. Pada pertemuan kedua sebesar 84.33% dan berada pada kategori di respon positive. Dapat di simpulkan bahwa dengan menggnakaan strategi active knowledge sharing pada pokok bahasan bilangan berpangakat dan bentuk akar efektive di tinjau dari ketuntasan belajar siswa, aktivitas siswa, kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dan respon siswa terhadap pembelajaran. en_US
dc.subject Analisa en_US
dc.subject Keefektifan Belajar Matematika Dengan Menggunakan Strategi Active Knowledge Sharing. en_US
dc.title Analisis Keefektifan Belajar Matematika Dengan Menggunakan Strategi Dengan Menggunakan Strategi Active Knowledge Sharing Pada Siswa SMP Asuhan Jaya Medan T.P 2017/2018. en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account