dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model Bamboo
Dancing (Tari Bambu) terhadap komunikasi matematika siswa kelas VII SMP
Swasta PAB 3 Saentis T.P 2017/2018. Metode penelitian yang digunakan adalah
ceramah, diskusi, tanya jawab, dan pemberian tugas dengan variabel bebas adalah
model pembelajaran Bamboo Dancing dan variabel terikat adalah kemampuan
komunikasi matematika siswa pada pokok bahasan aritmatika sosial. Populasi dari
penelitian ini adalah semua siswa kelas VII SMP Swasta PAB 3 Saentis T.P
2017/2018 yang terdiri dari 9 kelas yang berjumlah 283 orang dan dalam
penelitian ini yang menjadi sampel adalah 2 kelas yang berjumlah 63 orang yakni
VII-4 dan VII-8 yang diambil secara langsung. Untuk mengetahui kemampuan
komunikasi matematika siswa setelah perlakuan, maka diberikan postes pada
kelas eksperimen dan kelas kontrol. Selanjutnya dilakukan analisis data postes,
pembahasan, dan penarikan kesimpulan. Rata-rata postes kelas eksperimen dan
kelas kontrol adalah 86,4523 dan 81,4584 dan simpangan baku kelas eksperimen
dan kelas kontrol adalah =7,9779 dan = 8,7562. Berdasarkan uji
homogenitas dan normalitas, bahwa kedua sampel memenuhi kriteria uji
homogenitas dan normalitas. Hasil analisis uji t diperoleh thitung (2,368) ttabel
(1,99962) pada taraf signifikan ( ) 0,05. Artinya hipotesis alternatif (Ha) diterima,
yang berbunyi ada pengaruh model Bamboo Dancing terhadap komunikasi
matematika siswa kelas VII SMP Swasta PAB 3 Saentis T.P 2017/2018. Dengan
demikian komunikasi matematika siswa pada kelas eksperimen menggunakan
model Bamboo Dancing berbeda secara signifikan dengan komunikasi
matematika siswa pada kelas kontrol menggunakan model konvensional. |
en_US |