dc.contributor.author |
Hutabarat, Riris Apriana Kartika |
|
dc.date.accessioned |
2020-11-11T06:38:13Z |
|
dc.date.available |
2020-11-11T06:38:13Z |
|
dc.date.issued |
2018-03-20 |
|
dc.identifier.uri |
http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10327 |
|
dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika
dengan model pembelajaran kooperatif tipe Co-op Co-op pada siswa SMP
Muhammadiyah 06 Medan T.P 2017/2018 dan untuk mengetahui apakah ada
peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika pada siswa kelas VIII-1
di SMP Muhammadiyah 06 Medan T.P 2017/2018 dengan menerapkan model
pembelajaran kooperatif tipe Co-op Co-op. Adapun jenis penelitian ini adalah
Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-5
SMP PAB 2 Medan yang berjumlah 42 orang siswa. Objek dalam penelitian ini
adalah penerapan model pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman konsep
matematika siswa kelas VIII-1 SMP Muhammadiyah 06 Medan T.P 2017/2018.
Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah observasi dan tes.
Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah rata-rata kelas,
analisis observasi, analisis ketuntasan belajar dan analisis ketuntasan klasikal.
Adapun hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan pemahaman konsep
matematika siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Co-op
Co-op kepada siswa SMP Muhammadiyah 06 Medan T.P 2017/2018 pada materi
Teorema. Dari hasil Penelitian dapat dilihat peningkatan pemahaman konsep yaitu
tingkat ketuntasan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Coop
Co-op
pada
tes
awal
sebanyak
9%
siswa
(21%)
yang
tuntas
sedangkan
33
siswa
(79%)
belum
tuntas.
Pada
siklus
I
jumlah
siswa
yang
tuntas
meningkat
menjadi
19
siswa
(45%)
yang
tuntas
sedangkan
23
siswa
(55%)
belum
tuntas.
Kemudian
pada
siklus
II
meningkat
lagi
36
siswa(86%)
yang
tuntas
sedangkan
6
siswa
(14%)
belum
tuntas.
Hal
tersebut
berarti
bahwa
penelitian
ini
berhasil,
karena
telah
mencapai
indikator
keberhasilan
penelitian
sebesar
75%.
Sedangkan
rata-rata
hasil
observasi
tingkat
pemahaman
konsep
siswa
pada
tes
awal
2,22
kategori
kurang,
pada
siklus
I
meningkat
menjadi
2,51
kategori
cukup,
kemudian
pada
siklus
II
meningkat
menjadi
3,22
dalam
kategori
baik.
\ |
en_US |
dc.subject |
Model Pembelajaran Kooperatif |
en_US |
dc.subject |
Pemahaman konsep, Matematika |
en_US |
dc.title |
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Co-op Co-op Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP Muhammadiyah 06 Medan T.P 2017/2018 |
en_US |
dc.type |
Thesis |
en_US |