Research Repository

Pengaruh Berfikir Metaphorical Thinking terhadap Kemampuan Penalaran Analogi Matematik Siswa SMP Muhammadiyah 9 Medan Tahun Pelajaran 2017/2018

Show simple item record

dc.contributor.author Andriani, Riska
dc.date.accessioned 2020-11-11T06:33:34Z
dc.date.available 2020-11-11T06:33:34Z
dc.date.issued 2018-04-13
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10322
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis; (1) kemampuan penalaran analogi matematik siswa yang diajarkan dengan berfikir Metaphorical Thinking dan (2) perbandingan antara kemampuan penalaran analogi matematik siswa yang diajarkan dengan berfikir Metaphorical Thinking dengan siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional. Penelitian ini dilakukan di SMP Muhammadiyah 8 Medan pada kelas VII A dan VII C tahun ajaran 2017/2018. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode quasi eksperimental dengan rancangan penelitian randomized post-test only control group design. Subjek penelitian ini adalah 46 siswa yang terdiri dari 24 siswa untuk kelas eksperimen dan 22 siswa untuk kelas kontrol. Penentuan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik cluster random sampling pada siswa kelas VII. Pengumpulan data setelah perlakuan dilakukan dengan menggunakan tes kemampuan penalaran analogi matematik siswa. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa kemampuan penalaran analogi matematik siswa yang diajar dengan berfikir Metaphorical Thinking lebih tinggi dari pada siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata tes kemampuan penalaran analogi matematik siswa yang diajar dengan pendekatan Metaphorical Thinking sebesar 61,50 dan nilai rata-rata hasil tes penalaran analogi matematik siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional sebesar 45,59 (thitung = 3,18 dan ttabel = 1,68). Kesimpulan hasil penelitian ini adalah bahwa pembelajaran matematika pada pokok bahasan Bangun Ruang Sisi Lengkung dengan menggunakan berfikir Metaphorical Thinking berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan penalaran analogi matematik siswa dibandingkan dengan yang menggunakan pembelajaran konvensional. en_US
dc.subject Hasil Belajar Matematika en_US
dc.title Pengaruh Berfikir Metaphorical Thinking terhadap Kemampuan Penalaran Analogi Matematik Siswa SMP Muhammadiyah 9 Medan Tahun Pelajaran 2017/2018 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account