Research Repository

Perbandingan Model Pembelajaran Make A Match dengan Numbered Head Together Terhadap Hasil Belajar Siswa SMP Swasta PAB 19 Manunggal Medan Tahun Pelajaran 2017/2018

Show simple item record

dc.contributor.author Rismayani
dc.date.accessioned 2020-11-11T06:28:00Z
dc.date.available 2020-11-11T06:28:00Z
dc.date.issued 2018-03-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10318
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: bagaimana model pembelajaran Make A Match terhadap hasil belajar matematika siswa, bagaimana model pembelajaran Numbered Head Together terhadap hasil belajar matematika siswa, bagaimanakah perbandingan antara model pembelajaran Make A Match dengan Numbered Head Together terhadap hasil belajar siswa SMP Swasta PAB 19 Manunggal Medan T.P 2017/2018. Populasi dalam penelitian in adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Swasta PAB 19 Manunggal Medan, sedangkan yang menjadi sampel adalah kelas VIII-2 yang berjumlah 25 siswa sebagai kelas eksperimen I dan kelas VIII-1 yang berjumlah 25 siswa sebagai kelas eksperimen II. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, diperoleh nilai rata-rata pretest di kelas eksperimen 1 adalah 38,8 dan nilai rata-rata posttest adalah 75, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Make A Match terhadap hasil belajar matematika siswa terjadi peningkatan. Sedangkan untuk kelas eksperimen 2 nilai rata-rata pretest adalah 34,4 dan nilai rata-rata posttest adalah 66,8, disimpulkan bahwa model pembelajaran Numbered Head Together terhadap hasil belajar matematika siswa terjadi peningkatan. Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis yang menggunakan uji t diperoleh = 2,12 setelah dibandingkan dengan harga ttabel = 2,01 ternyata thitung> ttabel sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulakan bahwa: ada perbandingan antara model pembelajaran Make A Match dengan Numbered Head Together terhadap hasil belajar matematika pada pokok bahasan bangun ruang sisi datar dikelas VIII SMP Swasta PAB 19 Manunggal Medan T.P 2017/2018, yaitu model pembelajaran Make A Match lebih baik dibandingkan dengan Numbered Head Together. en_US
dc.subject Model pembelajaran Make A Match en_US
dc.title Perbandingan Model Pembelajaran Make A Match dengan Numbered Head Together Terhadap Hasil Belajar Siswa SMP Swasta PAB 19 Manunggal Medan Tahun Pelajaran 2017/2018 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account