dc.description.abstract |
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: bagaimana model pembelajaran
Make A Match terhadap hasil belajar matematika siswa, bagaimana model
pembelajaran Numbered Head Together terhadap hasil belajar matematika siswa,
bagaimanakah perbandingan antara model pembelajaran Make A Match dengan
Numbered Head Together terhadap hasil belajar siswa SMP Swasta PAB 19
Manunggal Medan T.P 2017/2018. Populasi dalam penelitian in adalah seluruh
siswa kelas VIII SMP Swasta PAB 19 Manunggal Medan, sedangkan yang menjadi
sampel adalah kelas VIII-2 yang berjumlah 25 siswa sebagai kelas eksperimen I
dan kelas VIII-1 yang berjumlah 25 siswa sebagai kelas eksperimen II. Dari hasil
penelitian yang telah dilakukan, diperoleh nilai rata-rata pretest di kelas eksperimen
1 adalah 38,8 dan nilai rata-rata posttest adalah 75, dapat disimpulkan bahwa model
pembelajaran Make A Match terhadap hasil belajar matematika siswa terjadi
peningkatan. Sedangkan untuk kelas eksperimen 2 nilai rata-rata pretest adalah 34,4
dan nilai rata-rata posttest adalah 66,8, disimpulkan bahwa model pembelajaran
Numbered Head Together terhadap hasil belajar matematika siswa terjadi
peningkatan. Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis yang menggunakan uji t
diperoleh = 2,12 setelah dibandingkan dengan harga ttabel = 2,01 ternyata thitung> ttabel
sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulakan bahwa:
ada perbandingan antara model pembelajaran Make A Match dengan Numbered
Head Together terhadap hasil belajar matematika pada pokok bahasan bangun
ruang sisi datar dikelas VIII SMP Swasta PAB 19 Manunggal Medan T.P
2017/2018, yaitu model pembelajaran Make A Match lebih baik dibandingkan
dengan Numbered Head Together. |
en_US |