dc.description.abstract |
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apakah faktor motivasi
berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Muhammadiyah
5 Lubuk Pakam Tahun Pelajaran 2017/2018.(2) Apakah faktor minat berpengaruh
signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Muhammadiyah 5 Lubuk
Pakam Tahun Pelajaran 2017/2018. (3) Berapa besar kontribusi dari faktor
motivasi dan faktor minat terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X SMA
Muhammadiyah 5 Lubuk Pakam Tahun Pelajaran 2017/2018?
Tujuan dari penelitian (1) untuk mengetahui apakah faktor motivasi berpengaruh
signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Muhammadiyah 5 Lubuk
Pakam Tahun Pelajaran 2017/2018. (2) untuk mengetahui apakah faktor minat
berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Muhammadiyah
5 Lubuk Pakam Tahun Pelajaran 2017/2018. (3) untuk mengetahui besar
kontribusi dari faktor motivasi dan faktor minat terhadap hasil belajar matematika
siswa kelas X SMA Muhammadiyah 5 Lubuk Pakam Tahun Pelajaran 2017/2018.
Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen. Populasi dalam penelitian ini
adalah adalah siswa kelas X di SMA Muhammadiyah 5 Lubuk Pakam Tahun
Pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 24 orang.
Dari hasil penelitian uji regresi berganda, dapat diketahui bahwa faktor motivasi
dan faktor minat memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar
matematika siswa kelas X SMA Muhammadiyah 5 Lubuk Pakam Tahun Pelajaran
2017/2018. Dari hasil uji F diperoleh F hitung (regresi) = 5,959, sedangkan F
tabel untuk dk 2:21 untuk taraf signifikan 5% = 3,47. Ini berarti harga F hitung >
F tabel yaitu 5,959 > 3,47 , maka hipotesis H0 ditolak dan hipotesis H1 diterima.
Sehingga diperoleh persamaan regresi linear bergandanya adalah :
= 50,909 +
0,596 X1 + 0,688 X2. Berdasarkan hasil uji hipotesis untuk kedua variabel bebas
dan satu variabel terikat pada taraf signifikan
Yˆ
,0
05
dengan dk = 21 diperoleh
ttabel = 2,0796 dan thitung = 3,5361 maka thitung > ttabel yaitu 3,5361> 2,0796
,sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dapat disimpulkan bahwa “Ada pengaruh
yang signifikan antara motivasi dan minat terhadap hasil belajar matematika siswa
kelas X SMA Muhammadiyah 5 Lubuk Pakam Tahun Pelajaran 2017/2018 ”. |
en_US |