dc.description.abstract |
Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana hasil pengembangan
perangkat pembelajaran matematika berbasis Whole Brain Teaching pada siswa SMP
Swasta Al-Hikmah Medan T.P 2017/2018?. Tujuan penelitian ini adalah Untuk
mengetahui bagaimana hasil pengembangan perangkat pembelajaran matematika
berbasis Whole Brain Teaching pada siswa SMP Swasta Al-Hikmah Medan T.P
2017/2018. Jenis penelitian ini adalah R&D (Research & Development) menggunakan
model pengembangan 4-D yang dimodifikasi menjadi 3-D (Define (Pendefinisian),
Design (perancangan), Develop (Pengembangan). Instrument yang digunakan dalam
penelitian ini adalah lembar validasi (RPP, Bahan Ajar, LKPD, Media Pembelajaran,
dan Tes Hasil Belajar). Berdasarkan hasil validasi ahli perangkat pembelajaran
memnuhi kriteria valid berdasarkan skor rata-rata RPP 4,4 dari skor maksimal 5,0
dengan kriteria baik. Skor rata-rata Bahan Ajar yaitu 4,4 dari skor rata-rata maksimal
5,00 dengan klasifikasi baik. Skor rata-rata LKPD yaitu 4,38 dari skor rata-rata
maksimal 5,00 dengan klasifikasi baik. Skor rata-rata Media Pembelajaran yaitu 4,1 dari
skor rata-rata maksimal 5,00 dengan klasifikasi baik dan skor rata-rata Tes Hasil Belajar
(THB) yaitu 4,1 dari skor rata-rata maksimal 5,00 dengan klasifikasi baik.
Hasil uji coba perangkat pembelajaran yang dikembangkan dengan metode Whole
Brain Teaching disimpulkan pada : (a) ketuntasan belajar Klasikal sebesar 90% dan (b)
ketercapaian indikator berada pada kriteria “Tuntas”. |
en_US |