dc.description.abstract |
Penelitian ini untuk meningkatanhasilbelajar siswa SMP Muhammadiyah 7
Medan tahun pelajaran 2017/2018 melalui model belajar Modelling The Way
dalam materi Segitigadansegiempat. Jenis penelitian ini adalah Penelitian
Tindakan Kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII Sekolah Menengah
Pertama Muhammadiyah 7 Medan yang berjumlah 30 siswa, terdiri dari 17 siswa
laki-laki dan 13 siswa perempuan. Objek penelitian adalah model pembelajaran
modelling the way untukmeningkatkanhasilbelajarsiswa. Data hasil penelitian
diperoleh dari observasipemecahan masalah dan tes hasil belajar. Data yang
diperoleh dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Adapun
kriteria keberhasilan penelitian tersebut ditandai dengan perolehan nilai rata-rata
kelas ≥ 75 dan minimal 85% dari jumlah siswa mencapai KKM (75). Hasil
penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model belajar modelling the
waydapat meningkatkan hasilbelajar matematika siswa kelas VII-1SMP
Muhammadiyah 7Medan
tahun pelajaran 2017/2018. Peningkatan
hasilbelajarmatematika ditunjukkan oleh hasil tes. Pada pratindakan terdapat
10,34% (3 siswa) dari jumlah 30 siswa yang mencapai KKM. Hasil tes pada
siklus 1 menunjukkan ada 56,66% (17siswa) dari jumlah siswa yang mencapai
KKM, sedangkan pada siklus 2 terdapat 73,33% (22 siswa) dari jumlah siswa
yang mencapai KKM. Nilai rata-rata sebelum siklus sebesar 57,10, sedangkan
pada akhir siklus 1 nilai rata-rata tes sebesar 69,40, dan pada akhir siklus 2
sebesar 88,72. Maka dapat disimpulkan bahwa tujuan penelitian yangdilaksanakan
telah mengalami keberhasilan. Dengan kata lain penerapan model belajar
modelling the way dapat meningkatkanhasilbelajarmatematikasiswa |
en_US |