Research Repository

Evektivitas Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Di SMP Muhammadiyah 47 Sunggal TP.2017/2018

Show simple item record

dc.contributor.author Ayu, Rizky
dc.date.accessioned 2020-11-11T06:04:57Z
dc.date.available 2020-11-11T06:04:57Z
dc.date.issued 2018-03-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10298
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) efektif terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika di SMP Muhammadiyah 47 Sunggal TP.2017/2018. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik sampling purposive. Sampling purposive adalah teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Pengambilan sampel pada penelitian ini berdasarkan pertimbangan serta rekomendasi dari guru mata pelajaran matematika. Berdasarkan pertimbangan dan rekomendasi tersebut, kelas yang akan di teliti adalah kelas VIII-4 sebanyak 32 siswa sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) dan kelas VIII-1 sebanyak 32 siswa sebagai kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran konvensional Dari hasil penelitian rata-rata skor pretest siswa kelas eskperimen diperoleh nilai rata-rata 46,81 dengan standart deviasi 13,63 dan varians 185,83 dan kelas kontrol di peroleh nilai rata-rata 38,28 dengan standart deviasi 12,120. Sedangkan posttest siswa yang dikelas eksperimen diperoleh dengan nila rata-rata adalah 72,968 dengan standart deviasi adalah 17,168. Sedangkan rata-rata skor dikelas kontrol adalah 67,21 dan standart deviasi adalah 16,556. Berdasarkan perhitungan yang dilakukan dengan uji t diperoleh Ho ditolak dan Ha diterima karena signifikansi = 0,000 < 0,05 dan artinya terdapat perbedaan antara rata-rata prestasi belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sedangkan berdasarkan perhitungan uji Gain menggunakan bantuan IBM SPSS Statistik 24 for Windows diperoleh bahwa nilai mean kelas eksperimen adalah 28,9375 dan nilai mean kelas kontrol adalah 26,1563. Ini berarti kelas eksperimen memiliki perubahan yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Berdasarkan perhitungan bantuan IBM SPSS Statistik 24 for Windows diperoleh bahwa nilai mean kelas eksperimen adalah 28,9375 dan nilai mean kelas kontrol adalah 26,1563. Ini berarti kelas eksperimen memiliki perubahan yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) dan berbantukan alat peraga jaring-jaring kubus efektif tehadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMP Muhammadiyah 47 Sunggal TP.2017/2018. en_US
dc.subject Efektivitas en_US
dc.subject Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika en_US
dc.title Evektivitas Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Di SMP Muhammadiyah 47 Sunggal TP.2017/2018 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account