dc.description.abstract |
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah melalui penerapan
model pembelajaran Deep Dialogue-Critical Thinking dapat meningkatkan
aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 01
Medan pada materi Teorema Phytagoras.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan
dalam 3 siklus,yang setiap siklus terdiri dari ddua kali pertemuan.Subjek dalam
penelitian ini adalah Siswa kelas VIII terpadu III SMP Muhammadiyah 01 Medan
yang berjumlah 27 orang.Objek pennelitian ini adalah pembelajaran dengan
menerapkan model pembelajaran Deep Dialogue-Critical Thinking untuk
meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika.
Instrumen penelitian dalam pengumpulan data adalah lembar observasi
dan tes.Lembar observasi digunakan untuk melihat aktivitas siswa selama proses
pembelajaran,yaitu lembar observasi aktifitas pencapaian waktu ideal aktifitas
aktif siswa.Tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah diterapkan
model pembelajaran Deep Dialogue-Critical Thinking.
Berdasarkan hasil analisis data setelah pemberian tindakan diperoleh data
persentasi rata-rata pencapaian waktu ideal aktifitas aktif sebesar 62,36%.Pada
siklus I dan II aspek aktivitas siswa belum tercapai semua.Pada siklus III,aspek
aktivitas siswa telah tercapai.Dari hasil analisis siklus I,II,dan III tersebut dapat
dilihat bahwa criteria aktivitas belajar ini telah mencapai target dan mengalami
peningkatan hasil belajar siswa dalam materi teorema phytagoras dengan
menerapkan model pembelajaran Deep Dialogue-Critical Thinking.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa mealui model pembelajaran
Deep Dialogue-Critical Thinking terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar
siswa khususnya materi teorema phytagoras di kelas VIII Terpadu III SMP
Muhammadiyah 01 |
en_US |