Research Repository

Analisis Keefektifan Belajar Matematika melalui Pendekatan Take and Give Pada Siswa SMP Negeri 16 Medan T.P 2017/2018.

Show simple item record

dc.contributor.author Octafvianti, Mifta
dc.date.accessioned 2020-11-11T05:36:33Z
dc.date.available 2020-11-11T05:36:33Z
dc.date.issued 2018-03-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10271
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah untuk menjawab pertanyaa peneliti, dalam penelitian ini : Bagaimana keefektifan pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan Take and Give pada siswa SMP Negeri 16 Medan T.P. 2017/2018 ditinjau dari ketuntasan belajar siswa, aktivitas belajar siswa, kemampuan guru mengelola kelas dan respon siswa Subjek. Penelitian ini adalah siswa kelas IX-2 SMP Negeri 16 Medan T.P. 2017/2018, yang berjumlah 37 orang dan yang menjadi objek penelitian ini adalah untuk melihat keefektifan pembelajaran matematika menggunakan pendekatan Take and Give . Metode penelitian yang digunakan adalah metode Deskriptif Kualitatif. Instrumen yang digunakan adalah tes dan observasi meliputi (Aktivitas belajar siswa, Kemampuan guru mengelola kelas dan respon siswa). Pada hasil tes awal diperoleh rata-rata hasil belajar siswa sebesar 64,7 denga 17 siswa yang tuntas dan 20 siswa yang tidak tuntas serta ketuntasan klasikal sebesar dan berada pada kategori kurang efektif. Sedangkan pada tes akhir diperoleh rata-rata hasil belajar 80,68 dengan 33 siswa yang tuntas dan 4 siswa yang tidak tuntas serta tingkat ketuntasan belajar secara klasikal sebesar ,ditinjau dari aktivitas siswa memperoleh 78% dan berada pada kategori aktif dalam aktivitas belajarnya, ditinjau dari kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran memperoleh persentase sebesar 88% dan berada pada kategori baik dalam mengelola pembelajaran, ditinjau dari respon siswa memperoleh persentase 80% dan berada pada kategori positif dalam merespon pembelajaran dikelas. Berdasarkan deskripsi tersebut diatas, sehingga dapat disimpulkan pendekatan Take and Give bahwa pembelajaran matematika yang dilaksanakan dengan menggunakan model pada pokok bahasan Bilangan Bulat dan Bentuk Akar efektif pada siswa kelas IX-2 SMP Negeri 16 Medan T.P 2017/2018. en_US
dc.subject Keefektifan Belajar Matematika Siswa, en_US
dc.subject endekatanTake and Give. en_US
dc.title Analisis Keefektifan Belajar Matematika melalui Pendekatan Take and Give Pada Siswa SMP Negeri 16 Medan T.P 2017/2018. en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account