dc.description.abstract |
Tujuan penelitian ini adalah untuk menjawab pertanyaa peneliti, dalam penelitian ini :
Bagaimana keefektifan pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan Take
and Give pada siswa SMP Negeri 16 Medan T.P. 2017/2018 ditinjau dari ketuntasan
belajar siswa, aktivitas belajar siswa, kemampuan guru mengelola kelas dan respon siswa
Subjek. Penelitian ini adalah siswa kelas IX-2 SMP Negeri 16 Medan T.P. 2017/2018,
yang berjumlah 37 orang dan yang menjadi objek penelitian ini adalah untuk melihat
keefektifan pembelajaran matematika menggunakan pendekatan Take and Give . Metode
penelitian yang digunakan adalah metode Deskriptif Kualitatif. Instrumen yang digunakan
adalah tes dan observasi meliputi (Aktivitas belajar siswa, Kemampuan guru mengelola
kelas dan respon siswa). Pada hasil tes awal diperoleh rata-rata hasil belajar siswa sebesar
64,7 denga 17 siswa yang tuntas dan 20 siswa yang tidak tuntas serta
ketuntasan klasikal sebesar
dan berada pada kategori kurang efektif. Sedangkan
pada tes akhir diperoleh rata-rata hasil belajar 80,68 dengan 33 siswa yang tuntas dan 4
siswa yang tidak tuntas serta tingkat ketuntasan belajar secara klasikal sebesar
,ditinjau dari aktivitas siswa memperoleh 78% dan berada pada kategori aktif dalam
aktivitas belajarnya, ditinjau dari kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran
memperoleh persentase sebesar 88% dan berada pada kategori baik dalam mengelola
pembelajaran, ditinjau dari respon siswa memperoleh persentase 80% dan berada pada
kategori positif dalam merespon pembelajaran dikelas. Berdasarkan deskripsi tersebut
diatas, sehingga dapat disimpulkan pendekatan Take and Give bahwa pembelajaran
matematika yang dilaksanakan dengan menggunakan model pada pokok bahasan
Bilangan Bulat dan Bentuk Akar efektif pada siswa kelas IX-2 SMP Negeri 16 Medan
T.P 2017/2018. |
en_US |