dc.description.abstract |
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: Apakah media pembelajaran
interaktif dengan pendekatan Contekstual Teaching and Learning ( CTL) pada
materi matriks di Madrasah Aliyah Negeri 2 Model Medan TP 2017/2018
berkembang. Model pengembangan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah
model pengembangan ADDIE(Anlysis, Design, Development, Implementasi,
Evaluation).
Materi dalam penelitian adalah operasi matriks( meliputi penjumlahan
matriks, pengurangan matriks, perkalian skalar, dan perkalian matriks).
Berdasarkan pada tahap uji coba media tahap penilaian media oleh ahli media
memiliki hasil penilaian 4,39 dan penilaian media oleh ahli materi memiliki hasil
penilaian 3,62. Sehingga rata-rata penilaian ahli media dan materi adalah 4,00.
Sedangkan pada tahap implementasi penilaian media oleh guru matematika kelas
XI memiliki hasil penilaian 4,00 dan penilaian media oleh siswa memiliki nilai
4,49. Sehingga rata-rata penilaian media oleh guru dan siswa adalah 4,25.
Sehingga Hasil evaluasi pengembangan oleh ahli media dan ahli materi analisis
datanya dinyatakan memiliki kualifikasi baik. Sedangkan hasil evaluasi kualitas
media oleh guru dan siswa yang diperoleh dari tahap implementasi dinyatakan
memiliki kualifikasi sangat baik. |
en_US |