dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa sejauh mana
manfaat penerapan pendekatan scientific terhadap minat belajar siswa pada materi
teorema Pythagoras di kelas VIII SMP Negeri 2 Labuhan Deli Tahun Pelajaran
2017 /2018. Jenis penelitian ini adalah Penelitian deskriptif. Penelitian deskriptif
dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Pendekatan kuantitatif
digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan pendekatan scientific dan
pendekatan kualitatif digunakan untuk mengetahui minat belajar siswa terhadap
pembelajaran pendekatan scientific. Jenis penelitian yang digunakan adalah
penelitian Eksperimen dengan design one shot case study, yaitu sebuah
eksperimen yang digunakan tanpa adanya kelompok pembanding dan juga tanpa
tes awal.
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Labuhan Deli
yang berjumlah 24 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data
minat belajar adalah angket minat belajar, sedangkan instrument yang digunakan
unutk mengumpulkan data hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) secara umum tes hasil belajar siswa
maksimal, dari 24 siswa yang mengikuti pembelajaran dari awal sampai akhir
pada setiap pembelajaran dan mengikuti tes akhir hanya 6 siswa yang tidak
mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal ( Nilai KKM = 70), sedangkan 18 siswa
mencapai KKM. (2) minat belajar siswa secara keseluruhan termasuk dalam
kategori minat belajar tinggi. |
en_US |