dc.description.abstract |
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apakah kemampuan pemecahan
masalah siswa dengan menggunakan model pembelajaran Anchored Instruction
lebih baik daripada menggunakan model pembelajaran konvensional pada siswa
kelas VII SMP Muhammadiyah 05 Medan T.P 2017/2018 ? (2) Berapa besar
pengaruh model pembelajaran Anchored Instruction terhadap pemecahan masalah
matematika pada siswa SMP Muhammadiyah 05 Medan T/P 2017/2018 ?
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Apakah kemampuan
pemecahan masalah siswa dengan menggunakan model pembelajaran Anchored
Instruction lebih baik daripada menggunakan model pembelajaran konvensional
pada siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 05 Medan T/P 2017/2018 ? (2)
Berapa besar pengaruh model pembelajaran Anchored Instruction terhadap
pemecahan masalah matematika pada siswa SMP Muhammadiyah 05 Medan T/P
2017/2018 ?
Objek penelitin ini adalah pengaruh penggunaan model pembelajaran Anchored
Instruction pada materi segitiga dan segiempat T.P 2017/2018. Tehnik dan alat
pengumpulan data pada observasi ini adalah tes pemecahan masalah. Hasil
penelitian menunjukkan Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Anchored
Instruction Terhadap Pemecahan Masalah Matematika Pada SMP Muhhamdiyah
05 Medan T.P 2017/2018.
Dari analisis data yang diperoleh yaitu hasil penelitian dengan tes pemecahan
masalah belajar matematika dengan rata-rat kelas eksperimen 89,878 dan
simpangan baku 7,706. Dari hasil analisis ternyata hasil lembar berdistribusi
normal Lhitung > Ltabel (0,788 > 0,154). Untuk mengetahui apakah ada pengaruh
model pembelajaran Anchored Instruction dengan uji t yang dilakukan
menggunakan taraf signifikan 0,05 yaitu thitung > ttabel (12,451 > 1,997). Diperoleh
uji determinasi sebesar 5,15% sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh
yang signifikan sebesar 5,15% terhadap pemecahan masalah matematika dari hasil
tes sedangkan 94,85% sisanya dipengaruhi oleh variabel yang diteliti. |
en_US |