Research Repository

Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Anchored Instruction Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Pada siswa SMP Muhhamdiyah 05 Medan T.P 2017/2018

Show simple item record

dc.contributor.author Hutasuhut, Lydia Astarina
dc.date.accessioned 2020-11-11T05:13:53Z
dc.date.available 2020-11-11T05:13:53Z
dc.date.issued 2018-03-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10260
dc.description.abstract Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apakah kemampuan pemecahan masalah siswa dengan menggunakan model pembelajaran Anchored Instruction lebih baik daripada menggunakan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 05 Medan T.P 2017/2018 ? (2) Berapa besar pengaruh model pembelajaran Anchored Instruction terhadap pemecahan masalah matematika pada siswa SMP Muhammadiyah 05 Medan T/P 2017/2018 ? Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Apakah kemampuan pemecahan masalah siswa dengan menggunakan model pembelajaran Anchored Instruction lebih baik daripada menggunakan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 05 Medan T/P 2017/2018 ? (2) Berapa besar pengaruh model pembelajaran Anchored Instruction terhadap pemecahan masalah matematika pada siswa SMP Muhammadiyah 05 Medan T/P 2017/2018 ? Objek penelitin ini adalah pengaruh penggunaan model pembelajaran Anchored Instruction pada materi segitiga dan segiempat T.P 2017/2018. Tehnik dan alat pengumpulan data pada observasi ini adalah tes pemecahan masalah. Hasil penelitian menunjukkan Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Anchored Instruction Terhadap Pemecahan Masalah Matematika Pada SMP Muhhamdiyah 05 Medan T.P 2017/2018. Dari analisis data yang diperoleh yaitu hasil penelitian dengan tes pemecahan masalah belajar matematika dengan rata-rat kelas eksperimen 89,878 dan simpangan baku 7,706. Dari hasil analisis ternyata hasil lembar berdistribusi normal Lhitung > Ltabel (0,788 > 0,154). Untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran Anchored Instruction dengan uji t yang dilakukan menggunakan taraf signifikan 0,05 yaitu thitung > ttabel (12,451 > 1,997). Diperoleh uji determinasi sebesar 5,15% sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan sebesar 5,15% terhadap pemecahan masalah matematika dari hasil tes sedangkan 94,85% sisanya dipengaruhi oleh variabel yang diteliti. en_US
dc.subject Pemecahan Masalah en_US
dc.subject Model pembelajaran Anchored Instruction en_US
dc.title Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Anchored Instruction Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Pada siswa SMP Muhhamdiyah 05 Medan T.P 2017/2018 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account