Research Repository

Pengaruh Model STAD Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Pada Siwa SMP Muhammadiyah 01 Medan T.P 2017/2018

Show simple item record

dc.contributor.author Septiawan, Rudi
dc.date.accessioned 2020-11-11T05:12:29Z
dc.date.available 2020-11-11T05:12:29Z
dc.date.issued 2018-03-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10259
dc.description.abstract Pemecahan masalah merupakan bagian dari kurikulum matematika yang sangat penting karena dalam proses pembelajaran maupun penyelesaiannya, siswa dimungkinkan memperoleh pengalaman serta keterampilan yang sudah dimiliki untuk diterapkan pada pemecahan masalah yang bersifat rutin. Observasi yang dilakukan di SMP Muhammadiyah 01 medan kelas VIII terhadap kemampuan pemecahan masalah mateamatika. Kemapuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan model Student Teams Achievement Division (STAD) lebih tinggi dibandingkan dengan kemampuan pemecahan masalah matamatika siswa yang diajar dengan model pembelajaran Konvensional, maka model pembelajaran kooperatif tipe STAD berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah mateamatika siswa di SMP Muhammadiyah 01 Medan TP 2017/2018. Penelitian ini dilaksanakan pada SMP Muhammadiyah 01 Medan pada kelas VIII T1 yang terdiri dari 30 siswa dan kelas VIII T2 yang terdiri dari 30 siswa yang turut berpartisipasi dalam kegiatan pembelajaran. Kedua kelas ini diberikan perlakuan yang berbeda, kelas VIII T1 sebagai kelas eksperimen mendapatkan perlakuan pembelajaran dengan model STAD sedangkan kelas VIII T2 sebagai kelas kontrol mendapatkan perlakuan pembelajaran secara konvensional. Dari hasil pemberian postes pada kelas eksperimen diperoleh ratarata 85,00 dan hasil pemberian postes pada kelas kontrol rata-rata adalah 77,00. hal ini dibuktikan dari hasil pengujian hipotesis dimana thitung > ttabel (4,848 > 1,671) yang berarti Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII antara siswa yang diterapkan pengaruh model STAD dengan siswa yang diterapkan pembelajaran konvensional. Berdasarkan penelitian diatas dapat diambil kesimpulan bahwa ada pengaruh model STAD tehadap kemampuan pemecahan masalah matematika en_US
dc.subject Model Pembelajran Kooperatif Tipe STAD en_US
dc.subject Kemampuan Pemecahan Masalah en_US
dc.title Pengaruh Model STAD Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Pada Siwa SMP Muhammadiyah 01 Medan T.P 2017/2018 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account