dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul reciprocal teaching
terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas X RPL-1 SMK Negeri 1 Percut
Sei Tuan Tahun Pelajaran 2017-2018. Jenis penelitian yang digunakan adalah
penelitian pengembangan model Thiagarajan, Semmel dan Semmel yaitu model
4-D (define, design, develop dan disseminate). Subjek penelitian ini adalah siswa
kelas X RPL-1 SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan. Instrument penilaian yang
digunakan adalah lembar penilaian RPP dan Modul untuk mengukur kevalidan,
tes kemampuan berpikir visual, angket respon siswa dan lembar observasi
keterlaksanaan pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: kualitas
kevalidan perangkat pembelajaran memenuhi kriteria valid berdasarkan skor ratarata
RPP
yaitu
3,8
dari
skor
maksimal
5,00
dengan
kriteria
baik,
skor
rata-rata
Modul
yaitu
4,1
dariskor
rata-rata
maksimal
5,00
dengan
kriteria
sangat
baik
dan
skor
rata-rata
Tes
Prestasi
Belajar
yaitu
4,1
dari
skor
maksimal
5,00
dengan
kriteria
sangat
baik;
perangkat
pembelajaran
yang
dikembangkan
telah
memenuhi
kriteria
keefektifan
dengan:
a)
ketuntasan
belajar
secara
klasikal
telah
melebihi
batas
minimal
dan
mengalami
peningkatan
yaitu
pada
uji
coba
lapangan
sebesar
90,91%
dan
yang
tidak
tuntas
9,08%,
b)
respon
siswa
positif
dilihat
dari
skor
ratarata
angket
respon
siswa
85,1%
dari
skor
rata-rata
maksimal
100%,
c)
waktu
pembelajaran
tidak
melebihi
pembelajaran
biasa
yaitu
waktu
sama
dengan
pembelajaran
biasa
pada
uji
coba
lapangan. |
en_US |