dc.description.abstract |
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui prosedur pengembangan Perangkat
Pembelajaran pada siswa kelas X IIS B MAS Al – Washliyah 22 Tembung. Pada
penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan model Thiagarajan,
Sammel dan Sammel yaitu model 4-D yang telah dimodifikasi. Proses
pengembangan tersebut terdiri dari empat tahap, yaitu: define. design, develop,
disseminate. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas X IIS B MAS Al –
Washliyah 22 Tembung yang berjumlah 15 orang. Objek penelitian ini adalah
RPP, Modul dan Tes Hasil Belajar. Instrumen penilaian yang digunakan adalah
lembar penilaian RPP, lembar penilaian LKPD, lembar penilaian Bahan Ajar,
lembar penilaian Media Pembelajaran dan lembar penilaian tes hasil belajar.
Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan
bahwa : a) hasil validasi RPP diperoleh skor rata-rata total 4,1 dengan kriteria
“Baik”, hasil validasi LKPD diperoleh skor rata-rata total 3,9, hasil validasi Bahan
Ajar diperoleh skor rata-rata 3,9 dengan kriteria “Baik”, hasil validasi Media
Pembelajaran 4,3 dengan kriteria “Baik”, dan hasil validasi Tes Kemampuan
Belajar diperoleh skor rata-rata total 4,2 dengan kriteria “Baik”., b) hasil analisis
data tes kemampuan pemecahan masalah diperoleh presentase ketuntasan klasikal
sebesar 80% |
en_US |